Sukses

Masjid di Payakumbuh Tiba-Tiba Ambruk

Liputan6.com, Payakumbuh - Warga Kelurahan Payobasuang, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tiba-tiba dikejutkan dengan ambruknya secara mendadak bangunan Masjid Baiturrahman. Warga terkejut karena tak ada tanda -tanda sebelumnya. Bangunan berdiri kokoh dan tak pula ada bencana.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (28/1/2018). bangunan masjid yang ambruk bertepatan dengan penyanggah kubah utama. Kubah masjid sendiri sudah rata dengan tanah. Sementara bangunan di sebelah kiri dan kanan terlihat masih utuh dengan kubah kecil di atasnya.

Kejadiannya sendiri pada Sabtu, 27 Januari 2018, sekitar pukul 17.30 WIB. Warga langsung berlari menghampiri masjid di senja menjelang Magrib tersebut. Kebanyakan warga berfoto dan belum berani masuk ke dalam masjid. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ambruknya masjid.

Ketua Masjid Baituraahman, Riswandi, yang juga saksi mata dalam peristiwa ini mengatakan, ada dua pekerja yang sedang memasang grenit pada bagian tonggak masjid saat ambruk. Ia mengatakan sebelum masjid ambruk, dua pekerja ini mendengar bunyi retakan dan langsung melarikan diri keluar bangunan.

"Beruntung, keduanya selamat karena mereka sempat melarikan diri," ujarnya.

Masjid ini telah berdiri sejak 1922 dan telah dilakukan renovasi terhadap beberapa bagian bangunan.

"Dinding dan lantai telah selesai digranit dan tinggal pengerjaan di bagian tonggak. Kemungkinan bangunan ini ambruk karena kelebihan beban pada bagian kubah di tengah masjid," ujarnya.

Ia berharap setelah kejadian ini masjid dapat kembali dibangun agar tempat ibadah masyarakat dapat kembali digunakan.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan pihaknya akan segera melakukan pemeriksaan terhadap masjid ini. "Tentunya, kami siap membangunnya kembali," ujarnya yang datang langsung ke lokasi.

Saksikan video pilihan berikut:

 

Loading