Sukses

River Tubing Berakhir Duka di Tlogosari Bondowoso

Seorang siswi MTs At-Taqwa Bondowoso terbawa arus saat menikmati river tubing bersama teman-temannya di Tlogosari, Bondowoso, Jatim.

Bondowoso - Wisata river tubing di Tlogosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, berujung petaka. Agenda belajar sambil mengenal alam siswi MTs At-Taqwa Bondowoso di area Tubing Tlogosari, berakhir duka.

Saat siswi menikmati river tubing (susur sungai dengan menggunakan ban dalam yang besar) dan mengikuti aliran air sungai, mendadak air sungai naik. Seorang siswi terbawa arus.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Ijen, rombongan dari MTs At Taqwa Bondowoso ini berangkat ke lokasi river tubing Desa Tlogosari sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat, 5 Januari 2018.

Mereka menuju wisata desa Tubing Tlogosari yang dikelola Kelompok Masyarakat (Pokmas) Desa Tlogosari. Rombongan tersebut datang dengan kereta wisata milik Primko Raider 514 Bondowoso.

"Rombongan mengenal wisata desa, dan mencoba river tubing," ucap Dodik Siregar, Camat Tlogosari yang langsung ke lokasi saat kejadian, kepada Jawa Pos Radar Ijen, yang diwartakan, Minggu (7/1/2018).

Baca berita menarik dari JawaPos.com lain di sini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Debit Air Sungai Meningkat

Saat itu, ada delapan siswi yang naik river tubing secara bersama-sama dengan didampingi pemandu. Mereka juga memakai safety lengkap, mulai pelampung, helm dan ban.

Namun, sekitar 30 menit mengarungi Sungai Tlogosari atau river tubing, tiba-tiba debit air meningkat.

Tujuh dari delapan siswi bisa diselamatkan. Sedangkan satu siswi hanyut terbawa derasnya arus.

"Kondisinya setelah hujan deras, debit air tiba-tiba membesar," ujar Dodik.

3 dari 3 halaman

Seorang Siswi Hanyut

Korban hanyut adalah Dela, 13, siswi MTs At Taqwa Bondowoso. Hingga tadi malam, tim dari BPBD Bondowoso dan tim Muspika setempat bersama masyarakat masih terus mencari korban. Bahkan, banyak masyarakat yang juga ikut memantau.

Sementara, korban yang selamat langsung dilarikan ke Puskesmas Tlogosari. Ada seorang siswi yang sempat terbawa arus juga, yakni Uut (13). Sigapnya tim pemandu, dia akhirnya berhasil diselamatkan dan dibawa ke Puskesmas Tlogosari.

"Siswa yang lain juga sempat diperiksa di puskesmas," ujar Nandar, salah seorang warga Sulek, Tlogosari yang ada di lokasi.

Camat Tlogosari, Dodik Siregar menambahkan, dalam pencarian, sempat ada masyarakat yang melihat korban. Korban terlihat terapung bersama ban, namun tidak ada yang berani menolong korban karena derasnya arus. Hingga tadi malam, upaya pencarian korban masih terus dilakukan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.