Sukses

Tanah Bergerak, Rumah Warga Gunungkidul Geser Setengah Meter

Selain menggeser rumah warga, tanah bergerak di Gunungkidul juga menimbulkan lubang-lubang kecil di tanah.

Liputan6.com, Gunungkidul - Warga di Dusun Soka, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta dihebohkan dengan fenomena tanah bergerak. Fenomena alam ini membuat satu rumah mengalami kerusakan di beberapa titik dinding dan bagian lantai yang retak lalu bergeser sejauh 50 sentimeter.

Rianti, salah satu warga, harus mengungsi ke tempat yang aman. Oleh sebab itu, ia dan keluarga memutuskan untuk sementara waktu mengungsi ke rumah orangtua.

"Kami sudah melaporkan kejadian ini ke pemerintah desa," kata Rianti, Kamis, 16 Februari 2017.

Sudarman Adi Darmanto, tetangga Rianti, juga bernasib sama. Rumahnya juga bergeser sekitar 50 sentimeter. Tidak hanya itu, tanah bergerak itu juga memicu tanah berlobang.

Lubang-lubang kecil itu muncul di lahan pekarangan penduduk dengan ukuran berbeda-beda. Hal ini membuatnya khawatir. Ia berharap pemerintah segera mengatasi masalah ini.

"Beberapa lokasi juga muncul lubang kecil-kecil. Semoga segera dilakukan penanganan oleh pemerintah," kata dia.

Kasi logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sutaryono mengaku sudah melakukan cek lokasi. Ia dan tim akan segera melakukan kajian terkait masalah tanah bergerak ini.

"Kajian dilakukan untuk penanganan selanjutnya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini