Sukses

Insiden Hiasan Natal Sudah Ditangani Polisi dan Pemerintah Jambi

4 diantaranya diduga sebagai pihak pertama yang menerima foto atau video dan mengunggahnya media sosial

Liputan6.com, Jambi - Jajaran Polresta Jambi  telah memeriksa sejumlah saksi dalam mengusut insiden hiasan natal di salah satu hotel ternama di Kota Jambi pada Jumat malam, 23 Desember 2016.

Kapolresta Jambi, Kombes Pol Bernard Sibarani mengatakan, pihaknya sudah meminta keterangan dari 14 orang saksi.  Empat orang diantaranya diduga menjadi orang pertama yang mendapat dan mengunggah foto atau video rekaman adanya hiasan mirip tulisan lafaz Allah di sebuah hiasan Natal di lobby hotel bintang 4.

Bernard menyebutkan, pihaknya belum bisa menentukan siapa tersangka pelaku dalam kasus tersebut. "Sampai saat ini belum. Soalnya tidak gampang, berikan kami waktu bekerja," ujar Bernard saat menerima perwakilan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Sabtu, 24 Desember 2016.

Lebih lanjut Bernard mengatakan, dari pemeriksaan saksi itu, nantinya akan berkembang ke tahap selanjutnya. Salah satunya adalah melibatkan sejumlah pakar atau ahli khusus. Seperti ahli bahasa dan ahli IT.

"Menetapkannya (tersangka) tidak gampang," ucap Bernard.

Ia juga meminta dan mengimbau agar masyarakat Jambi tetap tenang, jangan saling memprovokasi.

Zumi Zola Gelar Rapat Khusus

Menyikapi insiden hiasan Natal itu, Sabtu siang, Gubernur Jambi, Zumi Zola langsung menggelar rapat khusus bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas hingga pimpinan sejumlah media di Jambi.

"Jangan sampai Jambi menjadi gaduh. Kita harus menahan diri agar Jambi tetap kondusif," ujar Zumi Zola.

Dalam rapat tersebut, Zola juga mengimbau agar kasus tersebut diserahkan kepada kepolisian untuk diusut tuntas. "Sekali lagi kita harus bijaksana menyikapi masalah ini," ucapnya.

Insiden ini bermula ada unggahan foto dan video yang menjadi viral di Jambi. Dalam video dan foto yang diunggah Jumat malam, 23 Desember 2016, sekitar pukul 19.00 WIB itu, memperlihatkan ada ornamen hiasan pohon natal di bagian lobby hotel bintang 4 di kawasan Pasar Kota Jambi.

Selintas tidak ada yang aneh pada hiasan tersebut. Namun di bagian bawah hiasan, tepatnya di depan hiasan rumah terlihat ada hiasan terbuat dari bebatuan putih yang selintas mirip tulisan lafaz Allah.

Hal ini memancing reaksi dari warga di Kota Jambi untuk melihat langsung hal tersebut. Hotel yang pernah diinapi mantan Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono sejak Jumat malam langsung dikerumuni banyak warga yang penasaran.

Mendengar kabar tersebut, Gubernur Jambi, Zumi Zola ikut datang langsung ke lokasi. Melihat kebenaran kabar yang didengarnya, Zumi terlihat marah kepada pihak hotel. Ia meminta agar kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.