Sukses

Juara IPA Nasional Masuk ITB Lewat SBMPTN 2016

Liputan6.com, Bandung - Siswa SMA terbaik peringkat pertama dan kedua pada jurusan IPA tingkat nasional berhasil lulus atau diterima di Institut Teknologi Bandung melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri/ SBMPTN 2016.

"Untuk yang ranking satu nasional IPA masuk di ITB di Sekolah Teknik Elektronik dan Informatika dan ranking duanya di Fakultas Teknik Industri," kata Sekretaris Eksekutif SBMPTN 2016 Panlok Bandung Asep Gana Suganda, di Bandung, dikutip Antara, Selasa (28/6).

Ia menyebutkan jumlah siswa yang lulus ujian tertulis SBMPTN 2016 di ITB sebanyak 1.678 orang sedangkan jumlah siswa yang lulus dari SNMPTN 2016 sebanyak 2.308 orang. Peserta yang lulus SBMPTN di ITB akan melaksanakan pendaftaran calon mahasiswa baru pada tanggal 2-5 Agustus 2016.

"Pendaftarannya ini dilaksanakan sendiri oleh calon mahasiswa, tidak dapat diwakilkan sesuai dengan jadwal masing-masing fakultas atau sekolah," kata dia.

Panlok Bandung SBMPTN 2016 sendiri meliputi lima perguruan tinggi negeri yakni ITB, UPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Siliwangi (Tasikmalaya).

Asep Gana Suganda menuturkan hasil tes ujian tertulis SBMPTN 2016 sudah bisa diakses pada Selasa (28/6) ini mulai pukul 14.00 WIB. Akses bisa melalui http://sbmptn.ac.id dan situs beberapa perguruan tinggi negeri seperti http://sbmptn.itb.ac.id.


Dia mengatakan dari 700 ribuan peserta yang ikut tes ujian tertulis SBMPTN 2016, ada 90 ribu yg diterima diseluruh PTN yang ada di Indonesia. Peserta dinyatakan lulus ujian tertulis SBMPTN 2016 maka tahap selanjutnya ialah melaksanakan pendaftaran calon mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi negeri yang dituju.

Sebagai contoh, untuk peserta yang lulus SBMPTN 2016 di ITB  akan melaksanakan pendaftaran calon mahasiswa baru pada tanggal 2-5 Agustus 2016.

"Pendaftarannya ini dilaksanakan sendiri oleh calon mahasiswa, tidak dapat diwakilkan sesuai dengan jadwal masing-masing fakultas atau sekolah," kata dia.

Kepala Sub Bidang Humas SBMPTN 2016 Panlok Bandung, Soni A. Nulkaqim mengatakan pendaftaran mahasiswa baru di Unpad dilaksanakan pada 2-3 Agustus 2016 di Bale Santika Unpad Jatinangor.

"Sebelumnya mereka juga harus mengisi bidata online pada. 30 Juni-18 Juli 2016 dengan menggunakan nomor peserta SBMPTN 2016 sebagai useid dan tanggal lahir sebagai password," kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS