Sukses

Lebaran 2016, Terminal Terboyo Semarang Terancam Nganggur

Liputan6.com, Semarang - Terminal Terboyo Semarang kemungkinan besar tidak berfungsi pada arus mudik Lebaran 2016. Hal itu terjadi akibat rob yang melanda Kota Semarang selama sebulan terakhir.

Kemungkinan itu disampaikan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Kepada Liputan6.com, Wali Kota mengaku mempersiapkan terminal pengganti, yakni Terminal Mangkang.

"Sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang," kata Hendi melalui ponselnya, Sabtu (18/6/2016).

Hendi menyebutkan sudah mendapat informasi dari Kepala Dishubkominfo, Agus Harmunanto. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), sebenarnya saat angkutan Lebaran 2016, rob dalam keadaan tidak tinggi.

"Namanya antisipasi, jika rob tetap tinggi dan Terminal Terboyo lumpuh, kami akan memfungsikan Terminal Mangkang untuk arah barat dan Terminal Penggaron untuk arah Timur sebagai terminal utama," kata Hendi.


Terminal Terboyo dan Terminal Mangkang sebenarnya merupakan terminal bertipe A dengan pengelolaannya sesuai UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Menyambut arus mudik Lebaran 2016, tak ada perbaikan pada terminal-terminal itu.

"Prediksi lonjakan penumpang pada H-4 Lebaran. Kami berharap sopir bus masuk ke dalam terminal," kata Hendi.

Untuk kelengkapan, Pemkot Semarang rencananya akan menempatkan posko mudik di Terminal Mangkang. Posko akan didirikan oleh dinas terkait, di antaranya Dishubkominfo dan Dinas Kesehatan.

"Ini pelayanan Pemkot Semarang untuk kenyamanan, ketenangan, dan jaminan rasa aman pada pengguna Terminal Mangkang," kata Hendi.