Sukses

Libur Panjang, Penumpang Bandara Adisutjipto Melonjak 6,7 Persen

Para penumpang di Adisutjipto itu kebanyakan mengambil rute Yogyakarta-Jakarta maupun sebaliknya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sekitar 100.000 orang keluar masuk Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, selama libur panjang, 5-8 Mei 2016. Penumpang yang menggunakan moda transportasi udara ini kebanyakan mengambil rute Yogyakarta-Jakarta dan sebaliknya. Disusul penerbangan menuju dan dari Denpasar.

"Rata-rata per hari ada sekitar 25.000 orang yang datang dan pergi dari Adisudjipto," ujar Kepala Seksi Humas Angkasa Pura I Adisutjipto Edwin Wibowo kepada Liputan6.com, Yogyakarta, Sabtu (7/5/2016).

Dia mengungkap, jumlah penumpang meningkat 6,7% ketimbang hari biasa. Rata-rata per hari jumlah penumpang pesawat pergi dan pulang di Bandara Adisutjipto berkisar sekitar 23.000 orang.

 

Ia tidak menampik, sebagian maskapai meminta penambahan jumlah penerbangan per hari karena membludaknya penumpang. "Minta ditambah 5 atau 6 penerbangan," ujar Edwin.

Meski demikian, Angkasa Pura I Adisutjipto tidak bisa mengabulkan karena penambahan jumlah penerbangan harus seizin Direktorat Perhubungan Udara. Saat ini terdapat 64 penerbangan one way di Adisutjipto atau 128 penerbangan pergi pulang.

Upaya yang dilakukan untuk memberikan kenyamanan terhadap penumpang melalui pengetatan keamanan dan pemberian pelayanan. Bandara Adisutjipto beroperasi selama 15 jam per hari, mulai dari pukul 06.00-21.00 WIB.

"Kecuali kalau delay bisa lebih malam," kata Edwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini