Sukses

KA Barang Anjlok di Batang Bukan karena Roda Selip, tapi...

Sampai saat ini, proses evakuasi KA Barang yang anjlok masih dievakuasi.

Liputan6.com, Batang - Satu roda KA Barang ditemukan lepas 1 km sebelum anjlok di antara Stasiun Batang-Pekalongan. Roda rangkaian kereta pengangkut coil atau gulungan plat baja dengan masinis Agung Susilo dan Asisten Masinis Eko Fitrianto, ditemukan sebelum Stasiun Batang.

Lepasnya satu roda itu diduga penyebab olengnya rangkaian kereta sebelum akhirnya terguling di KM 78.790 atau sekitar 500 meter di sisi barat sebelum Stasiun Batang. Kamilin, penjaga palang pintu kereta Sambong, mengaku melihat kereta oleng sebelum masuk ke stasiun.

"Awalnya, saya lihat di jembatan itu sudah mulai oleng," ujar Kamilin, Selasa (26/4/2016).

Rangkaian kereta yang oleng selama beberapa waktu kemudian anjlok dan menyebabkan jalur kereta rusak parah. Bahkan, ratusan bantalan yang terbuat dari beton pecah akibat bergesekan dengan roda kereta.

Hilangnya salah satu roda diperkuat dengan temuan salah satu roda kereta yang tidak utuh saat kereta terguling. Meski begitu, Waka Polres Batang Kompol Widodo Ponco mengatakan penyebab pasti kecelakaan masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan KNKT.

"Alhamdullilah, kecelakaan sudah melewati perlintasan Sambong sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas," Widodo menambahkan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, proses evakuasi rangkaian kereta masih terus berlangsung. Crane yang dikirim dari Cirebon masih bekerja menyingkirkan sisa-sisa kereta yang anjlok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.