Sukses

Buka Puasa dan Sahur dengan Makanan Khas Sumatra Barat di Dapua Restoran

Selain lauk untuk makan berat, ada kue-kue dan penganan khas Sumatra Barat seperti kolak, bubur kampiun dan es tebak.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan puasa atau Ramadan, ada banyak tempat terutama restoran yang menyajikan beragam menu makanan baik untuk sahur maupun berbuka puasa. Salah satunya adalah Dapua Restoran di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta Pusat.

Hotel ini juga memiliki masjid yang besar di lantai 3 yang mampu menampung salat berjamaah setiap waktu salat, salat Jumat dan juga kegiatan mengaji. Hotel ini juga menyediakan makanan dan minum dengan konsep halal serta tanpa alkohol.  Dapua sebagai bagian dari Hotel Balairung menyajikan makanan khas Sumatra Barat yang terkenal dengan kekayaan kulinernya .

"Untuk menu buka puasa dan sahur selalu kita ganti beberapa hari sekali supaya lebih variatif. Kita juga sajikan masakan nusantara tapi memang lebih banyak ke masakan khas Sumatra Barat. Selain lauk untuk makan berat, ada juga kue-kue dan penganan seperti kolak, bubur kampiun dan es tebak," terang Feri selaku Food & Beverages Manager Hotel Balairung Jakarta.

Sejak awal Ramadan, restoran ini mulai kembali menerapkan sistem buffet setelah sebelumnya memakai sistem take away karena pandemi Covid-19. Meski begitu mereka tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hotel Balariung sendiri sudah resmi mendapatkan sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di akhir tahun lalu. CHSE merupakan sertifikat untuk keterangan bahwa tempat tersebut telah berstandar protokol yang aman dengan kategori (Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environmental Sustainability).

Para petugas hotel dan restoran juga harus memakai masker, sarung tangan dan menjaga jarak serta rutin mencuci tangan selama bertugas. Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Hotel Balairung sudah mulai banyak menjadi tempat berbagai acara, termasuk yang berkaitan dengan provinsi Sumatra Barat.

Seperti pada bulan puasa ini, hotel ini menjadi tempat acara Silaturahmi Pemerintah Daerah dengan Anggota DPR RI dan DPD RI asal pemilihan Sumatera Barat pada 19 April 2021.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka Puasa Bersama

Acara tersebut dihadiri Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah. Ia mengapresisasi semangat sinergitas dan kalaborasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) asal pemilihan Sumbar untuk ikut berperan serta memajukan pelaksanaan pembangunan di Sumatera Barat.

"Percepatan pelaksanaan pembangunan Sumatera Barat saat ini butuh dukungan dan sinergitas serta kalaborasi semua pihak, keterbatasan anggaran dan banyaknya kebutuhan guna meningkatkan pembangunan infrastruktur, ekonomi masyarakat, sosial kemasyarakatan serta mengerakkan potensi Sumbar diberbagai sektor, pertanian, pariwisata dan lain-lain sebagainya," tuturnya.

Mahyeldi menambahkan, kunjungan Wakil Presiden RI dan beberapa orang menteri ke Sumatera Barat telah memberikan angin segar dan semangat motivasi besar bagi pemeintah daerah dan masyarakat untuk bangkit berbuat, dimasa-masa tertekan pandemi dan kondisi pertumbuhan ekonomi yang melambat. Seusai acara, para peserta silaturahmi mengadakan buka puasa bersama yang juga bertempat di ballroom Hotel Balairung.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.