Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Kamis 21 Mei 2020, Ketahui Waktu Tepatnya Menurut Al-Quran dan Hadits

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Kamis 21 Mei 2020.

Liputan6.com, Jakarta Menantikan waktu buka puasa memang cukup menyenangkan. Seolah sedang menanti hari kemenangan tiba. Kemenangan menahan haus, lapar, dan hawa nafsu seharian. Menyegerakkannya juga sangat dianjurkan, dengan jadwal buka puasa Kamis, 21 Mei 2020 tentunya.

Menyegerakan buka puasa termasuk sunnah Rasulullah SAW. Bisa melegakan dahaga lebih awal dan berpahala. Jadwal buka puasa Kamis, 21 Mei 2020 akan lebih memudahkannya.

Ternyata Al-Quran dan Hadits juga telah memberi petunjuk waktu buka puasa. Namun, kini sudah dimudahkan dengan jadwal buka puasa Kamis, 21 Mei 2020. Meskipun tidak ada salahnya juga untuk mengetahui asal mulanya waktu ini menurut Islam.

Berikut jadwal buka puasa Kamis, 21 Mei 2020 dan waktu tepatnya menurut Al-Quran dan Hadits yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Buka Puasa Berdasarkan Al-Quran

Buka puasa dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Quran. Di dalamnya dijelaskan mengenai puasa hingga waktu berbuka puasa. Berikut adalah salah satu ayat Al-Quran yang menjelaskan puasa hingga waktu berbuka puasa. Ayat tersebut dikatakan dalam surat Al-Baqarah tepatnya ayat ke 187.

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Artinya: Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.

Dari penjelasan ayat di atas, ada beberapa hal yang dilarang saat menjalankan ibadah puasa, kemudian juga menjelaskan kapan mulai berpuasa dan kapan harus menghakhirinya.

Waktu berbuka puasa dalam ayat di atas, dijelaskan dalam bagian ini:

"Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam"

Potongan ayat di atas menjelaskan bahwa puasa itu dilakukan hingga datang malam, atau jika ditafsirkan datang malam adalah ketika matahari terbenam. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa waktu berbuka puasa adalah saat datang malam atau matahari terbenam.

3 dari 4 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Kamis 21 Mei 2020

Berikut jadwal buka puasa hari ini Kamis 21 Mei 2020 di Kota Besar Indonesia, dilansir dari Kementerian Agama RI:

Banda Aceh 18:50 WIB

Medan 18:34 WIB

Padang 18:21 WIB

Pekanbaru 18:18 WIB

Palembang 18:00 WIB

Bandung 17:47 WIB

Jakarta 17:47 WIB

Yogyakarta 17:30 WIB

Semarang 17:31 WIB

Surabaya 17:22 WIB

Pontianak 17:46 WIB

Banjarmasin 18:20 WITA

Denpasar 18:10 WITA

Makassar 17:58 WITA

Palu 18:03 WITA

Mataram 18:06 WITA

Kupang 17:34 WITA

Ambon 18:25 WIT

Sorong 18:17 WIT

Jayapura 17:37 WIT

4 dari 4 halaman

Penjelasan Buka Puasa Berdasarkan Hadits

Selain ayat Al-Quran yang menjelaskan buka puasa dan waktu buka puasa. Ternyata terkait buka puasa dan waktu buka puasa juga dijelaskan dalam beberapa Hadits. Berikut ini beberapa Hadits yang menjelaskan buka puasa dan waktu buka puasa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَا هُنَا ، وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَا هُنَا ، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ ، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ (رواه البخاري، رقم 1954 ومسلم، رقم 1100)

Artinya: Jika malam menjelang di sini dan siang pergi di sini, dan matahari terbenam, maka orang yang berpuasa hendaknya berbuka (HR. Bukhari, nomor 1954, Muslim, 1100)

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan bebuka. (Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093)

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu:

كَانَ رَسُو لُ اللِّهِ صَلَّى اللَّهً عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أََنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَا تٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَم تَكُنْ حَسَا حَسَواتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.

Kemudian adapula hadits yang menjelaskan tentang doa buka puasa.

عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ، أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَ عَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya: Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu-ed’ (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.