Sukses

Sambut Ramadan, Lazismu Salurkan Sembako Serentak

Lazismu mempercepat penyaluran zakat, infaq dan shadaqah dalam bentuk paket sembako untuk menyambut bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah (Lazismu) membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu yang terdampak Covid-19. Pembagian ini dilakukan secara serempak di seluruh Indonesia pada Rabu (22/4/2020).

Pembagian sengaja dilakukan sehari jelang Bulan Ramadan. Paket sembako yang dibagikan berasal dari infaq, shadaqah dan donasi khusus Covid-19.

Di Kalimantan Timur (Kaltim), sebanyak 1.000 paket sembako dibagikan Lazismu hampir di seluruh kabupaten dan kota yang ada. Percepatan penyaluran dilakukan agar warga penerima bisa memanfaatkan persiapan untuk menyambut bulan puasa.

“Sengaja kita percepat penyalurannya agar warga bisa menyiapkan diri untuk sahur atau buka puasa,” kata Ketua Lazismu Kaltim Kunarso usai menyerahkan sembako kepada warga di Kantor Muhammadiyah Kaltim, Jalan Siradj Salman, Samarinda.

Agar tepat sasaran, Lazismu Kaltim menggandeng kelurahan dan RT di wilayah yang dianggap banyak warga terdampak Covid-19. Warga yang terdata akan dikirimkan paket tersebut.

Lazismu sendiri, berdasarkan himbauan PP Muhammadiyah, akan mempercepat penyaluran zakat kepada penerima manfaat. Upaya ini dilakukan agar tidak ada warga alami kekurangan selama bulan puasa.

“Sudah ada himbauan, baik dari Muhammadiyah maupun MUI, untuk mempercepat pembayaran zakat. Demikian pula untuk infaq dan shadaqah agar bisa segera disalurkan tanpa menunggu lebaran,” tambahnya.

Tugas Lazismu juga nantinya mempercepat penyalurannya. Pandemi Covid-19 di bulan Ramadan, kata Kunarso, menjadi ajang berbagi kepada sesama.

“Pembagian sembako ini akan kita upayakan rutin diberikan selama bulan puasa. Setiap paket yang dikirim akan kita hitung perkiraan habisnya, kemudian kita kirimkan lagi,” ujarnya.

Kunarso juga meminta kepada warga untuk menunaikan pembayaran zakat ke Lembaga Amil Zakat. Lembaga ini nantinya yang akan memberikan bantuan agar tepat sasaran.

Di Kota Samarinda, salah satu kelurahan yang mendapat bantuan paket sembako ini adalah Kelurahan Teluk Lerong Ilir. Pembagian secara simbolis dihadiri lurah setempat.

Lurah Teluk Lerong Ilir Moechammad Moenir mengaku bersyukur warganya mendapat paket bantuan dari Muhammadiyah. Dia berharap bantuan ini tidak hanya sesekali, namun berkelanjutan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Muhammadiyah, khususnya Lazismu yang membantu warga saya yang kurang mampu. Semoga bisa membantu warga mempersiapkan Ramadan tanpa kekurangan,” kata Moenir.

Simak juga video pilihan berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.