Sukses

6 Manfaat Minum Air Mentimun di Bulan Puasa, Kembalikan Cairan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum air mentimun di bulan puasa ternyata ada bermacam-macam. Apalagi saat berpuasa, tubuh rentan kekurangan cairan tubuh.

Saat berbuka dan sahur adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan cairan tubuh. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Cara yang paling utama adalah mengonsumsi air putih.

Banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi air puih minimal 8 gelas per hari. Namun, beberapa orang berpikir menambahkan bahan tambahan ke dalam air untuk meningkatkan manfaat kesehatannya.

Air detoks atau infused water adalah air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran atau rempah-rempah. Anda dapat membuat air detoksifikasi di rumah dengan berbagai cara menggunakan kombinasi buah, sayuran, dan herbal yang Anda sukai seperti mentimun misalnya. Ada beberapa manfaat minum air mentimun yang bisa didapatkan.

Air mentimun ini dinilai mampu menyegarkan tubuh dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Hasilnya, tubuh akan kembali segar usai meminum air mentimun ini. Berikut manfaat minum air mentimun yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/5/2019).

2 dari 7 halaman

Menghidrasi tubuh

Tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa air. Apa lagi saat puasa, selama lebih dari 12 jam tubuh tidak mendapat asupan air. Kebanyakan orang harus berusaha minum enam hingga delapan gelas air per hari.

Air putih merupakan elemen penting yang tak boleh terlewatkan setiap harinya. Tetapi terkadang air putih biasa terasa membosankan. Saat berpuasa Anda mungkin ingin meminum sesuatu yang lebih segar dan enak. Menambahkan mentimun memberikan rasa ekstra, mendorong Anda untuk minum lebih banyak saat berbuka dan sahur.

3 dari 7 halaman

Membantu penurunan berat badan

Pada beberapa orang, puasa justru malah menambah berat badan. Hal ini dapat dikarenakan oleh berubahnya pola makan, dan rasa ingin terus makan saat berbuka. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, mengganti soda manis, minuman olahraga, dan jus dengan air mentimun dapat membantu Anda mengurangi kalori serius dari makanan yang Anda konsumsi saat bulan puasa.

Tetap terhidrasi juga membantu Anda merasa kenyang. Terkadang tubuh Anda bingung dengan rasa lapar. Anda mungkin merasa seperti lapar, padahal sebenarnya haus. Bagaimana Anda tahu bedanya? Jangkau segelas tinggi air mentimun terlebih dahulu. Jika rasa lapar Anda hilang setelah menghabiskan minuman, Anda haus. Jika Anda masih lapar, maka Anda tahu itu lapar.

4 dari 7 halaman

Asupan antioksidan

Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Stres oksidatif dapat menyebabkan kondisi kronis seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, Alzheimer, dan degenerasi mata.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat membalikkan atau menghentikan kerusakan ini. Inilah sebabnya mengapa Anda membutuhkan buah dan sayuran tinggi antioksidan. Mentimun termasuk dalam kategori ini. Mereka kaya akan vitamin C, beta karoten, mangan, molibdenum, dan beberapa antioksidan flavonoid.

5 dari 7 halaman

Menurunkan tekanan darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi, penting untuk menjaga tekanan darah saat puasa. Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam makanan. Garam yang berlebihan menyebabkan tubuh menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang ditahan oleh ginjal.

Mentimun adalah sumber kalium yang baik. Minum air mentimun membantu tubuh mendapatkan lebih banyak kalium. Ini berpotensi membantu menurunkan tekanan darah Anda saat puasa.

6 dari 7 halaman

Menyehatkan kulit dan tulang

Air mentimun dapat membantu menenangkan kulit dari dalam dan luar. Tetap terhidrasi membantu tubuh Anda membuang racun dan mempertahankan kulit yang sehat. Mentimun juga tinggi asam pantotenat atau vitamin B-5, yang telah berguna untuk mengobati jerawat. Satu cangkir mentimun iris memiliki sekitar 5 persen dari nilai vitamin B-5 harian yang direkomendasikan.

Mentimun kaya akan vitamin K. Faktanya, satu cangkir mentimun yang diiris memiliki sekitar 19 persen dari nilai harian yang disarankan. Tubuh membutuhkan vitamin K untuk membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat serta untuk membantu pembekuan darah dengan baik.

7 dari 7 halaman

Cara membuat air mentimun yang sehat

Membuat air detoks di rumah sangat sederhana. Yang Anda butuhkan hanyalah air dan pilihan buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah. Anda dapat memilih timun sebagai buah pilihan.

Cukup potong satu buah mentimun dan tambahkan ke air panas atau dingin, tergantung pada preferensi Anda. Semakin banyak bahan yang Anda gunakan, semakin kuat rasanya. Anda bisa menambahkan daun mint atau irisan lemon untuk memperkaya rasa.

Jika Anda membuat minuman dingin, Anda dapat menyimpan air detoksifikasi ini di dalam lemari es selama 1–12 jam untuk memungkinkan rasa meresap lebih dalam. Jika Anda terburu-buru, menghancurkan atau memarkan timunsebelum menggunakannya dapat membantu melepaskan citarasa lebih cepat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Lantunkan Doa Ini Saat Hari Menuju Senja
Artikel Selanjutnya
Ramadan Bisa Memotivasi Para Pemain Sepak Bola