Sukses

Puasa Jadi Boros? Ini Trik Menghemat Uang pada Bulan Ramadan

Untuk menyiasati pengeluaran yang tak terduga di bulan Ramadan, berikut 4 trik hemat dari Cashbac yang bisa Anda terapkan.

Liputan6.com, Jakarta Puasa di bulan Ramadan mungkin dapat mengurangi frekuensi makan. Dengan begini, tentu anggapannya uang makan menjadi lebih bisa dihemat. Awalnya kantong memang terasa lebih tebal, sehingga Anda merasa lebih "bebas" mengeluarkan uang.

Ternyata pola pikir seperti itu salah. Ajakan buka bersama dari teman, kerabat, dan keluarga malah akan membuat Anda harus mengeluarkan uang anggaran ekstra di bulan Ramadan.

Untuk menyiasati pengeluaran yang tak terduga di bulan Ramadan, berikut empat trik hemat dari Cashbac yang bisa Anda terapkan.

Jangan Terlalu Loyal

Mungkin tidak jarang saat baru gajian Anda menjadi terlalu loyal. Mulai dari membayarkan tagihan makan teman-teman, hingga terus-menerus jajan. Yang perlu diingat, yaitu gaji tidak hanya untuk seminggu ke depan saja, tapi harus bisa minimal untuk sebulan ke depan dan sisakan untuk tabungan. Jangan lupa, sisihkan 20 persen gaji Anda tiap bulannya untuk masa depan.

Siapkan Budget untuk Kebutuhan Mendadak

Siapa ,sih, yang bisa menduga dan menebak apa yang akan terjadi ke depannya. Entah itu sakit ataupun musibah, kita tidak akan pernah tahu. Oleh karena itu, janganlah sampai Anda tidak memiliki uang simpanan sama sekali saat kebutuhan mendadak datang. Idealnya, Anda harus sudah menyiapkan nominal dalam tabungan sebesar tiga kali pengeluaran pasti per bulan. Misal dalam sebulan Anda memiliki pengeluaran pasti sebesar Rp 3,5 juta, setidaknya Anda harus memiliki tabungan sebesar Rp 10 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Trik Menghemat Uang pada Bulan Ramadan

Setiap bulan Anda akan memiliki pengeluaran pasti yang harus dikeluarkan. Mulai dari tagihan listrik, telepon, sampai cicilan kendaraan atau rumah. Maksimalkan fitur auto debet yang ada pada pelayanan bank Anda untuk mengurangi potensi lupa bayar. Jadi, setiap bulan Anda tidak perlu lagi meluangkan waktu ekstra untuk mengatur pengeluaran pasti tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Ini Trik Menghemat Uang pada Bulan Ramadan

Saat ini sudah banyak aplikasi yang akan membuat Anda menjadi lebih hemat dalam melakukan pengeluaran. Mulai dari loyalty app dari beberapa merchant tertentu hingga aplikasi yang bisa memberikan keuntungan langsung dari setiap transaksi. Pintar-pintarlah dalam memilih dan manfaatkan sebaik mungkin untuk menghemat pengeluaran Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.