Sukses

Lemon Cheese Cake Spesial untuk Sajian Idul Fitri

Sawsan Abu Farha (juga dikenal sebagai food blogger) membagikan resepnya di Timur Tengah dengan resep cheesecake yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Umat Islam bersiap menyambut hari kemenangan dengan menyiapkan pakaian terbaik yang dimiliki serta jamuan spesial untuk keluarga dan sanak saudara. Berikut ini salah satu resep kue spesial yang patut disajikan untuk hari raya, dilansir dari laman Gulfnews.

Sawsan Abu Farha (juga dikenal sebagai food blogger) membagikan resepnya di Timur Tengah dengan resep cheesecake yang unik. Kue cheesecake menampilkan Labneh dan bukan krim keju.


Persiapan Bahan Untuk Pelapis
6 sdm mentega
½ sendok teh kayu manis (opsional)
200 gram kerupuk Graham (atau kue favorit Anda yang tidak terisi)

Bahan untuk cheesecake
500gram Puck labneh
80 gram Puck Cream Cheese (opsional)
1 cangkir Ricotta Cheese
85 gram gelatin rasa lemon
¼ cangkir air panas
1 sdt ekstrak vanili
1 atau 2 sdt ekstrak lemon
1/3 cangkir gula bubuk

Bahan untuk topping
1 cangkir blueberry
½ lemon - potong menjadi irisan tipis daun mint Serai madu serpih kelapa (opsional) - Ini bisa dibeli dengan toko atau bisa dengan mudah dibuat dengan melemparkan serpih kelapa dengan madu dan menyebarkannya ke panci berlapis perkamen dan memanggangnya dalam oven 150 C selama 10 sampai 15 menit kemudian mematikan oven dan biarkan mereka di oven sampai benar-benar mendingin.

Cara Membuat :

Untuk membuat pelapis:
1. Mulailah dengan mengolah kue dalam food processor sampai rata, lalu tambahkan kayu manis (opsional) dan campurkan dalam mentega cair. Campur sampai remah kue mencapai remah roti seperti konsistensi dan menyerupai pasir basah.
2. Tekan campuran ke bagian bawah panci pegas berukuran 7 inci.
3. Tempatkan panci di lemari es untuk mengaturnya.

Untuk membuat cheesecake:
1. Tempatkan bubuk gelatin rasa dalam mangkuk kecil dan aduk sampai benar-benar larut.
2. Sekarang campurkan labneh, ricotta, vanilla, ekstrak lemon, gula dan keju krim (opsional) di mixer makanan anda.
3. Perlahan tambahkan dalam gelatin yang dilarutkan dan campurkan bahannya sampai anda mendapatkan tekstur yang halus dan homogen. Langkah ini sangat penting. Keju harus dicampur dengan baik untuk membuat cheesecake halus dan lembut.

Penyajian :
1. Lepaskan pelapis (crust) dari kulkas dan oleskan isinya di atasnya. Dinginkan sampai dingin dan kencang, sekitar 6-8 jam atau semalam.
2. Bila anda siap untuk menyajikan cheesecake, ratakan pisau di sepanjang tepi panci sebelum membuka loyang dan mengeluarkannya.
3. Letakkan sentuhan akhir dan hiasi dengan blueberry, irisan lemon, daun mint dan serpihan kelapa.
4. Cheesecake sebaiknya disajikan dingin, langsung dari kulkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.