Sukses

Ekonomi Membaik, Pembayaran Zakat Melalui Baznas Meningkat

Tahun ini Baznas menargetkan dana zakat yang terkumpul mencapai Rp 240 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengungkap dana zakat yang terkumpul terus meningkat. Dana zakat yang terhimpun sampai kuartal I 2017 mencapai Rp 43 miliar. Kenaikan dana zakat ini didukung membaiknya perekonomian Indonesia.

Direktur Amil Zakat Nasional M Arifin Purwakananta mengatakan, realisasi pengumpulan dana zakat Baznas tahunan secara nasional tercatat memang terus naik. Pada 2015, zakat yang terkumpul Rp 93 miliar naik 20 persen menjadi Rp 112 miliar di 2016.

Peningkatan tersebut menunjukkan masyarakat yang membayar zakat melalui lembaganya bertambah. Tahun ini Baznas menargetkan dana zakat yang terkumpul mencapai Rp 240 miliar.

Dia pun optimis memasuki bulan Ramadan pengumpulan zakat akan meningkat sampai separuh dari target. "Kuartal pertama ini dapat Rp 43 miliar dari Rp 240 miliar. Ramadan ini kita akan dapat separuh," kata Arifin.

Arifin menduga meningkatnya jumlah pembayar zakat melalui lembaganya terpicu perbaikan perekonomian Indonesia. Kondisi ini membuat jumlah masyarakat muslim yang masuk golongan berpenghasilan menengah ke atas bertambah.

"Pertumbuhan middle class muslim naik 30-40 persen ini menarik sebagai pasar zakat kita diisi kelas menengah muslim cukup baik," tutup Arifin.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.