Sukses

Selama Ramadan, Masjid Istiqlal Laksanakan Tarawih 2 Gelombang

Di masjid kebanggaan warga Jakarta itu akan dilaksanakan tarawih 2 gelombang dengan 2 imam, masing-masing 11 rakaat dan 23 rakaat.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali Ramadan 1436 Hijriah/2015 Masehi, umat Muslim terlebih dulu melaksanakan salat tarawih sebelum menjalankan puasa sehari penuh yang dimulai besok, Kamis 18 Juni 2015. Masjid Istiqlal Jakarta sudah bersiap untuk melaksanakan salat tarawih pertama yang berlangsung Rabu malam ini.  

Selama Ramadan, di masjid kebanggaan warga Jakarta itu akan dilaksanakan tarawih 2 gelombang dengan 2 imam, masing-masing 11 rakaat dan 23 rakaat. Ruang ibadah dipusatkan di lantai utama masjid.

"Untuk tarawih ada 2 gelombang, ada 2 imam, ada yang 11 rakaat, nanti ada 23 rakaat. Rakaat ke-11 langsung ganti imam yang kedua, untuk mengakomodir umat Muslim yg tarawih 23 rakaat," jelas Abu Hurairah, Humas dan Protokol Masjid Istiqlal kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (17/6/2014).

Menurut Abu, Masjid Istiqlal bisa manampung 3.000 jemaah. Agar ruangan masjid semakin sejuk, saat ini telah ditambah dengan fasilitas kipas angin dan perbaikan blower AC, sehingga jemaah merasa semakin nyaman.

Abu mengimbau, bagi jemaah yang ingin ber-itikaf (berdiam diri di masjid selama 10 hari terakhir Ramadan untuk mendekatkan diri kepada Allah) selama Ramadan, tidak diperkenankan membawa banyak barang ke dalam masjid seperti laptop dan telepon genggam karena sangat rawan kehilangan.

"Untuk itikaf itu sebenarnya rawan. Kami sudah menganjurkan untuk masyarakat yang mau itikaf, agar tidak membawa barang-barang ke masjid. Tidak seperti orang pindah rumah, mereka bawa laptop, handphone, dan lain-lain," ujar Abu. (Ado/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini