Sukses

Jokowi-Ma'ruf Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Warga Diminta Datang Lebih Awal

Berdasarkan informasi, sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal akan dimulai pukul 07.00 WIB. Adapun Imam sholat di Masjid Istiqlal yakni, Ahmad Husni Ismail.

Liputan6.com, Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar meminta masyarakat untuk hadir lebih awal apabila ingin sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta, pada Rabu, 10 April 2024. Pasalnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin diagendakan akan sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

"Insyaallah (sholat Idul Fitri) akan djhadiri Bapak Presiden beserta Ibu (Iriana) dan Wapres beserta Ibu, dan pejabat negara lain. Kami mohon jemaah bisa lebih awal datang. Kalau bisa sholat subuhnya di Masjid Istiqlal," kata Nasaruddin dalam konferensi pers, Selasa (9/4/2024).

Dia mengingatkan adanya potensi masyarakat terjebak macet apabila terlambat datang ke Masjid Istiqlal. Hal ini berkaca dari tahun lalu di mana banyak masyarakat yang baru sampai saat sholat Idul Fitri selesai.

"Sebab nanti kalau terlambat akses menuju Istiqlal itu biasanya macet. Tahun-tahun lalu tidak bisa membaca prediksi, orang sudah bubar, masih ada yang belum sampai Istiqlal. Saya mohon jemaah datanglah lebih awal," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal akan dimulai pukul 07.00 WIB. Adapun Imam salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal yakni, Ahmad Husni Ismail.

Sementara itu, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Abdul A'la Basyir akan bertindak sebagai Khutbah Idul Fitri. Tema khutbah yaitu, 'Memperkuat Kebersamaan dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi-Iriana dan Ma'ruf Amin Akan Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan melaksanakan sholat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Wapres Ma'ruf Amin para pejabat negara, hingga duta besar negara sahabat juga akan menunaikan sholat Idul Fitri di lokasi yang sama

"Rencananya Bapak Presiden dan Ibu, begitu juga Wapres dan Ibu, serta para pejabat, dan duta besar akan sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal," kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Dia mengatakan protokoler Istana telah melakukan sejumlah persiapan agar pelaksanaan sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dapat berjalan aman, nyaman, dan khusyuk. Yusuf juga memastikan pengisi imam sholat hingga pengisi ceramah untuk sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal sudah disiapkan.

"(Imam) sudah ada. Ceramah, khatib, isi khotbah semuanya sudah ada," ujarnya.

Menurut dia, beberapa menteri kabinet dan ketua lembaga negara juga direncanakan sholat Idul Fitri bersama Jokowi-Ma'ruf di Masjid Istiqlal. Terlebih, ini momen Lebaran terakhir Jokowi sebagai presiden.

"Karena ini sepertinya semua akan kangen kembali untuk sholat Idul Fitri berjamaah pasca-pandemi ini semua sudah berjalan normal. Bayangan kami nanti para pejabat juga akan hadir banyak di Istiqlal," jelas Yusuf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.