Sukses

Pesan Damai Sri Sultan Hamengkubuwono X Usai Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta - Pemungutan suara Pemilu 2019 selesai digelar. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono ke-X mengajak semua elemen bangsa damai usai pileg dan pilpres 2019.

Sultan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menunggu hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai lembaga yang sah untuk menentukan hasil dari Pemilu 2019.

"Kita harus menghormati dan kita akan menunggu. Harapan saya kita sebagai anak bangsa kembali dalam kebersamaan, kembali dalam kedamaian, kembali dalam rasa tanggung jawab bersama," kata Sultan dalam video yang diterima pada Sabtu (20/4/2019).

Sultan juga menyampaikan terima kasih dan selamat kepada KPU dan Bawaslu dari pusat maupun daerah, dan TNI dan Polri yang juga ikut mengamankan pemilu.

"Dan juga selamat kepada seluruh anak bangsa yang telah menggunakan hak politiknya untuk menentukan pemimpin pemimpin kita untuk 5 tahun mendatang baik dalam pileg maupun dalam pilpres," kata dia.

Sultan mengatakan, sebagai sesama anak bangsa harus menghargai hukum, konstitusi, dan pelaksanaan undang undang baik pileg maupun pilpres.

"Kita jangan melakukan agitasi-agitasi yang meruncing kenegaraan, yang bisa memecah belah anak bangsa, kita lebih menentukan pemimpinnya," kata Sultan.

2 dari 2 halaman

Hati Nurani

Sultan mengatakan, demokratisasi telah menjadi pilihan. Dia berharap, setelah pemilu dilakukan mewujudkan rasa damai dan rasa nyaman di masyarakat. Serta, tidak ada gejolak yang menumbuhkan perpecahan dalam bangsa.

"Jangan sampai kita hanya melaksanakan demokratisasi lima tahun sekali, memecah bangsa ini. Semoga saja kita punya hati nurani di dalam membangun kebersamaan dengan rasa ikhlas dan damai di hati," Sultan menandaskan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemilih Termakan Hoaks, 1 TPS Berpotensi Pemungutan Suara Ulang
Artikel Selanjutnya
Jokowi-Ma'ruf Raup 1.114 Suara di Amerika Serikat, Prabowo-Sandi 352