Sukses

Di Sela Safari Politik, AHY Tetap Nonton Debat Capres

Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak akan hadir langsung menyaksikan debat capres.

Liputan6.com, Serang - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak akan hadir langsung untuk menyaksikan debat keempat antara capres Jokowi dengan Prabowo malam ini. 

Namun dia mengaku tetap akan memantau debat yang akan dilaksanakan di Hotel Shangri-La Jakarta.

"Saya kemungkinan masih dalam perjalanan. Masih harus melakukan berbagai kegiatan, yang sudah terjadwalkan sebelumnya," kata AHY usai memimpin Kampanye Akbar Demokrat di GOR Maulana Yusuf Partai, Serang, Banten, Minggu (30/3/2019).

"Tapi insyaallah debat nanti malam dapat kita saksikan walaupun dalam perjalanan," lanjut AHY.

Dia mengaku, sebelum debat, AHY mengaku sudah memberikan masukan kepada Prabowo. Dia juga yakin Prabowo bisa mempersiapkan dengan matang untuk tampil.

"Tentunya kami sudah memberi masukan kepada Pak Prabowo, seperti debat yang sebelum-sebelumnya," ungkap AHY.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mekanisme Debat

KPU telah melaksanakan gladi resik debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Secara umum, mekanisme dan aturan debat keempat ini hampir sama dengan sebelumnya.

"Untuk debat keempat, format dan mekanisme sama dengan debat ketiga. Hanya untuk sesi empat dan lima, sesi debat itu diatur penggunakaan waktunya," ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di lokasi, Jakarta.

Pada sesi empat dan lima, moderator memberikan kesempatan kedua kandidat untuk saling bertanya dan menjawab. Setiap pertanyaan diberikan waktu selama delapan menit. Dari waktu tersebut dibagi secara adil kepada Jokowi dan Prabowo masing-masing empat menit.

"Sehingga dengan pengaturan waktu ini, kedua calon mendapat alokasi waktu yang sama, dan prinsip keadilan dapat diterapkan dalam debat keempat ini," tuturnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.