Sukses

Sudirman Said: SBY Utus AHY Dampingi Prabowo-Sandi di Debat Pilpres

Meski tidak hadir langsung, peran SBY kepada Prabowo-Sandi pada debat ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dipastikan tidak akan menghadiri debat Pilpres perdana di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan malam nanti. SBY telah mengutus putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY untuk mendampingi pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Diwakilkan Pak AHY," ujar Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Meski tidak hadir langsung, peran SBY kepada Prabowo-Sandi pada debat ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Saya kira beliau memberi banyak pesan kepada Pak Prabowo untuk pembahasan materi untuk hal yang sifatnya teknik, karena beliau punya pengalaman sangat bagus," tuturnya.

Lebih lanjut, Sudirman mengungkapkan, saat ini Prabowo tengah bersantai di rumahnya jelang debat perdana. Tidak ada persiapan khusus menghadapi debat yang akan berlangsung beberapa jam lagi itu. Apalagi ini bukan kali pertama yang akan dihadapi Prabowo.

"Beliau menerima tamu-tamu keluarga, tadi ada Pak Hashim (Djojohadikusumo) masuk. Insya Allah semuanya sudah siap," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SBY Pastikan Tak Hadir

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak akan hadir pada debat pertama capres-cawapres. SBY hanya akan menyaksikan lewat televisi saja.

"Pak SBY ini pertama tidak ada jadwal untuk datang ke rumah Pak Prabowo. Kedua, juga tidak ada jadwal untuk hadir di ruang debat di Bidakara ya. Jadi, Beliau akan ada di kediaman menyaksikan dari televisi saja siaran langsungnya debatnya nanti seperti apa. Jadi Pak SBY dipastikan tidak hadir di ruang debat maupun di Kertanegara untuk ketemu Pak Prabowo," kata Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Ferdinand Hutahaean, di Media Center BPN, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Meskipun mendapatkan undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai mantan Presiden RI ke-6 dan diberikan tempat khusus oleh BPN, SBY tetap tidak akan hadir dalam debat pertama capres-cawapres.

Menurut dia, ketidakhadiran SBY untuk nanti tidak terlalu dibutuhkan. 

"Untuk saat ini Beliau rasa tidak perlu hadir di sana, memberikan kesempatan untuk hadir di dalam bisa diwakili dengan yang lain yah. Karena KPU ini agak sedikit aneh dan sedikit lucu terlalu dibatasi orang masuk ke dalam," tegasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.