Sukses

Timses Jokowi Nilai Isu PKI dan Kriminalisasi Ulama Akan Terus Berembus

Berdasarkan survei internal TKN, isu Jokowi PKI bahkan tertanam di kalangan masyarakat tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily tak memungkiri isu kaitan Jokowi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) akan terus berembus selama proses kampanye Pilpres 2019. Ace juga yakin, Jokowi akan diserang dengan isu kriminalisasi ulama.

"Saya tidak tahu isu apa lagi. Tapi saya meyakini misalnya kayak kasus yang dihadapi oleh Bahar Smith pasti akan direproduksi dengan kriminalisasi ulama lagi," ujar Ace di posko TKN, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Dia menambahkan, isu Jokowi merupakan partisipan PKI memiliki dampak signifikan di kalangan tertentu. Berdasarkan survei internal TKN, isu Jokowi PKI bahkan tertanam di kalangan masyarakat tertentu.

"Saya kira yang sudah diterangkan ternyata isu PKI, isu anti Islam, isu tentang nonmuslim yang melekat pada Pak Jokowi itu nyata adanya mempengaruhi terhadap persepsi publik," tandas Ace.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

La Nyalla Minta Maaf

Sementara itu mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti meminta maaf kepada Jokowi atas isu PKI. Menurutnya, dialah yang bertanggung jawab atas penyebaran isu tersebut.

Sebagai bentuk permohonan maaf, La Nyalla mengatakan dirinya akan menyebar luaskan perihal informasi tidak adanya relevansi antara Jokowi dengan PKI.

"Oh saya sudah keliling, kita sudah keliling, dengan saya memviralkan bahwa Pak Jokowi bukan PKI. Saya yang minta maaf, bahwa saya yang sebarkan isu PKI itu," kata La Nyalla, Selasa (11/12/2018).

Ia menegaskan, penyebaran isu PKI tersebut ia embuskan lantaran saat itu ia merupakan pihak oposisi Jokowi dalam Pilpres 2014. Saat itu, La Nyalla mendukung Prabowo-Hatta Rajasa.

Setelah beralih haluan ke Jokowi, La Nyalla meyakini perolehan suara pasangan capres-cawapres nomor urut 01 di Jawa Timur di atas 70 persen.

"Pokoknya Pak Jokowi menang di Jawa Timur. Kalau dulu menangnya 800 ribu, kalau sekarang lebih jauh lagi. Targetnya saya, Pak Jokowi harus menang di atas 70 persen. Orang Madura itu dulu milih Prabowo karena enggak ngerti, dikira Pak Jokowi ini PKI," ujarnya.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.