Sukses

Cagub Riau Firdaus-Rusli Tempatkan 20 Ribu Saksi di TPS

Liputan6.com, Pekanbaru - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada Pilkada 2018 Firdaus - Rusli (Firli) akan menempatkan puluhan ribu saksi pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna memantau pelaksanaan pencoblosan 27 Juni 2018.

"Lebih dari 20 ribu orang saksi akan diturunkan ke seluruh TPS yang ada di Riau," kata Koordinator Saksi Tim Koalisi Firdaus-Rusli, Jabarullah di Pekanbaru, Selasa (19/6/2018).

Jabarullah meminta semua tim sukses pasangan Firli perlu memasang mata dan telinga guna memastikan proses demokrasi berjalan sesuai aturan.

"Di masing-masing TPS kita akan tempatkan dua saksi. Itu belum termasuk yang tidak resmi bertugas memantau kemungkinan terjadinya kecurangan dalam proses pencoblosan hingga penghitungan suara," ujar Jabarullah.

Ia mengatakan, dari data KPU Riau terdapat 12.048 TPS yang tersebar di 12 kabupaten/kota. "TPS terbanyak ada di Kota Pekanbaru yakni sebanyak 1.798 titik. Sedangkan jumlah TPS paling kecil berada di kabupaten Meranti, yakni 424," sebutnya.

Untuk mengawal hal tersebut, para saksi Paslon Firdaus-Rusli sudah diberikan pembekalan sejak Mei silam.

Dalam pembekalan itu para saksi tidak saja diberikan pengetahuan dan pengenalan terhadap Paslon Pilgub Riau nomor urut 3, juga tentang trik-trik untuk mengantisipasi kemungkinan kecurangan-kecurangan yang dilakukan pihak-pihak tertentu.

"Kita memang berupaya maksimal untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecurangan di TPS-TPS. Dan para saksi adalah "mata dan telinga" yang paling diandalkan pasangan Firdaus-Rusli. Apalagi hasil survei terakhir memperlihatkan potensi kemenangan terbesar itu ada pada pasangan Firdaus-Rusli," kata Jabarullah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asal Saksi

Untuk lebih efektifnya pelaksanaan pengawasan TPS, kata Jabarullah, seluruh saksi-saksi yang direkrut tersebut berasal dari wilayah tempat TPS itu berada. Kemudian, selain dari unsur relawan Firdaus-Rusli, para saksi juga berasal dari seluruh partai pendukung meliputi Demokrat, PPP dan PBB.

"Jadi dalam merekrut saksi, kita sangat perhatikan soal militansi dan ikatan emosional dengan partai pengusung maupun pasangan calon. Sebab, tugas mereka akan sangat berat dan penuh godaan," kata Jabarullah seperti dilansir Antara.

Sementara itu beberapa saksi paslon Firdaus-Rusli menyatakan bangga karena sudah diberi kepercayaan untuk menjalankan tugas sebagai saksi di TPS nantinya.

"Insyaallah kami akan laksanakan tugas ini secara maksimal sesuai amanah yang diberikan oleh Pak Firdaus dan Pak Rusli Effendi melalui koordinator saksi," kata salah seorang saksi untuk wilayah Pekanbaru yang tak bersedia namanya dipublikasikan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.