Sukses

KPU Mulai Distribusikan Surat Suara Pilkada Jateng 2018

Liputan6.com, Semarang - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah (KPU Jateng) mulai mendistribusikan logistik Pilkada Jateng 2018 ke beberapa daerah secara bertahap.

"Distribusi perdana logistik berupa surat suara Pilgub Jateng, kami lakukan tadi sore di halaman PT Pura Barutama di Kabupaten Kudus," ujar Ketua KPU Jateng Joko Purnomo, seperti dikutip dari Antara, Selasa (8/5/2018).

Ia mengungkapkan, pengiriman pertama surat suara Pilgub Jateng 2018 dilakukan ke Kabupaten Cilacap sebanyak 1.481.157 lembar surat suara, Kabupaten Kebumen 1.077.853 lembar, dan Kabupaten Purworejo 717.392 lembar.

KPU Jateng bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah untuk pengamanan dan pengawalan distribusi logistik surat suara Pilgub Jateng sampai ke seluruh kabupaten/kota.

"Kegiatan distribusi surat suara dijadwalkan berlangsung selama sebelas hari sampai 22 Mei 2018," ucapnya.

Selain melakukan distribusi surat suara, lanjut Joko, KPU Jateng juga sedang mempersiapkan pendistribusian tinta, tetapi jadwalnya masih menunggu konfirmasi ke rekanan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lelang Logistik

Joko juga memastikan, campuran tinta sesuai dengan hasil laboratorium yang diuji oleh pihaknya di Universitas Indonesia.

Logistik lain yang diadakan oleh KPU Jateng, menurut dia, baik melalui e-Katalog maupun e-Lelang antara lain, hologram, segel, formulir, daftar pasangan calon saat ini dalam proses lelang, serta proses produksi.

"Sementara itu, logistik lain yang akan diadakan di masing-masing kabupaten/kota antara lain, kunci gembok, spidol, pulpen, tanda pengenal, label, alat coblos surqt suara, bantalan, penggandaan DPT, karet, kantong, sampul, saat ini sehagian besar dalam proses pengadaan dan proses produksi," jelas Joko.

Pilkada Jateng 2018 diikuti pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar, pasangan lainnya yakni Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.