Sukses

Puti: Cara Berpikir RA Kartini Out of The Box

Liputan6.com, Rembang - Jelang peringatan Hari Kartini, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berziarah ke makam RA Kartini di Rembang, Jumat, 20 April 2018.

"Beliau adalah tokoh emansipasi perempuan hebat dan menjadi inspirasi saya. Semangatnya yang tak pernah padam, bahkan makin terang hingga di era milenial ini," ujar Puti.

Dalam siaran pers yang diterima Antara, di makam, cucu Sang Proklamator Bung Karno itu menaburkan bunga dan berdoa. Dia mengharap semoga Allah SWT memberikan tempat bahagia dan mulia bagi Kartini dan seluruh pejuang bangsa.

Usai ziarah, Puti Guntur Soekarno yang didampingi Sekretaris PDI Perjuangan Jatim Sri Untari, berkunjung ke rumah yang sering disinggahi oleh Kartini. Salah satu ruangan yang dilihatnya adalah kamar yang menjadi tempat istirahat Kartini ketika berkunjung.

Puti Guntur Soekarno yang disambut langsung oleh keluarga besar Bupati Rembang Djojo Adiningrat yang juga suami Kartini, mengaku sangat bersyukur Indonesia memiliki Kartini yang berperan penting dalam sejarah bangsa, terutama dalam peran emansipasi perempuan.

Menurut Cawagub Jatim ini, Kartini mempraktikkan cara berpikir "out of the box" atau yang tidak lazim di zamannya.

Meski kala itu, cara berpikir para kaum perempuan Eropa membuatnya menarik, namun RA Kartini tetap ingin mengangkat kaum perempuan pribumi yang saat itu perannya masih sangat terbelakang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puti Guntur Suka Cara Berpikir RA Kartini

Puti mengaku juga mengenang kisah Kartini yang sebelum usianya mencapai 20 tahun lewat korespondensi dengan kawan-kawannya di Belanda, termasuk membaca koran, buku dan majalah terbitan modern.

"Karena itulah pemikiran-pemikiran modern telah diserapnya di usia sangat muda," kata Puti.

Pilkada Jatim digelar 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024.

Dalam pesta demokras nanti, dua pasangan calon (Paslon) yang akan bersaing merebut suara rakyat adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno dengan nomor urut 2.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.