Sukses

TPS Pilkada Jateng 2018 Akan Ramah Difabel

KPU Jawa Tengah menyiapkan fasilitas bagi difabel di 63.974 tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Jateng 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menyiapkan fasilitas bagi difabel di 63.974 tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Jateng 2018. Para penyandang tunanetra nantinya akan diberi template khusus untuk mencoblos.

"Untuk tunanetra kita buatkan template, nanti surat suara dimasukan di dalamnya, mereka tinggal menentukan pilihannya dengan bantuan template itu. Menggunakan template adalah yang paling mudah," ujar Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, Kamis (12/4/2018).

Untuk mempersiapkannya, ia mengaku sudah menyebar template di semua TPS. Ia beralasan pengadaan fasilitas itu untuk mengantisipasi jika ada difabel yang nantinya memilih pindah TPS.

Fasilitas bagi penyandang tunadaksa juga telah disiapkan. Menurutnya alat coblosan akan disiapkan khusus bagi tunadaksa yang menggunakan tangan maupun kaki.

Keberadaan TPS, jelas dia, juga dipastikan ramah difabel. Bentuk TPS nantinya dibuat lebih pendek supaya para difabel yang menggunakan kursi roda tidak kesulitan saat masuk ke dalam.

"Penetapan jumlahnya nanti baru tanggal 20 April, dari situ kita baru dapat datanya," paparnya.

Ia mengimbau kepada tiap kelurahan maupun kecamatan agat membuat TPS yang dapat dijangkau para difabel. Sebab, mereka punya hak sama untuk menyalurkan suara memilih calon gubernur, wali kota maupun bupati. 

 

Reporter : Dian Ade Permana

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.