Sukses

Anies Akan Bangun Gudang Pendingan di Tiap Pasar Ibu Kota

Gudang pendingan itu nantinya dapat diakses pedagang melalui sistem sewa.

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membangun gudang pendingin besar untuk pedagang di pasar. Gudang tersebut diharapkan menjadi solusi agar pedagang tak merugi saat bahan yang dijual tak langsung habis.

"Mengenai pengelolaanya kita akan serahkan pada PD Pasar, sehingga bagi pedagang yang ingin memanfaatkan fasilitas kulkas itu bisa langsung mengurus ke PD Pasar Jaya," ujar Anies saat berkampanye di daerah Rawasari Jumat (30/12/2016).

Gudang pendingan itu nantinya dapat diakses pedagang melalui sistem sewa. Hasil sewa itulah yang nanti digunakan untuk menutupi biaya listrik dari penggunaan gudang pendingin itu.

"Semua akan kami perhitungkan, tentunya harga sewanya harus dapat dijangkau pedagang," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Anies mengatakan, saat ini mayoritas pedagang, terutama pedagang sembako, hanya membeli sedikit barang dagangan karena takut basi saat tak cepat terjual. Alhasil, para pedagang pun tak mendapatkan keuntungan besar.

Rencananya, kulkas besar itu diutamakan untuk para pedagang daging. Sebab, selama ini pedagang daging memiliki gudang pendingan yang jauh dari pasar.

"Mereka juga punya tapi kan jauh dari pasar, sehingga akan ada cost transport, ini upaya kita memotong cost tersebut," papar mantan ketua komite etik KPK itu.

Upaya Anies membangun gudang pendingan itu sebagai bagian dari mengendalikan bahan pokok. Seperti diketahui Anies juga akan memotong rantai distribusi untuk menekan harga bahan pokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1

    Anies Sandiaga