Sukses

Survei Indobarometer: Zumi Zola Menang di 8 Kabupaten Jambi

Liputan6.com, Jambi - Lembaga survei Indobarometer yang melakukan hitung cepat atau quick count Pilkada Jambi menyebutkan, pasangan Zumi Zola-Fachrori Umar ‎ menumbangkan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto. Dari perhitungan cepat itu, Zumi Zola-Fachrori Umar memperoleh suara terbanyak di 8 kabupaten/kota.

Dari hasil perhitungan cepat itu, pasangan nomor urut 1, Hasan Basri Agus-Edi Purwanto menang di 3 kabupaten. Di Kabupaten Sarolangun yang merupakan daerah kampung halaman Hasan Basri Agus, prosentase 71 persen untuk pasangan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto, sementara Zumi Zola-Fachrori Umar meraih 21 persen.

Kemudian di Kabupaten Merangin dengan persentase 54 untuk Hasan-Edi dan 46 persen untuk Zumi-Fachrori. Sementara di Kabupaten Kerinci 52 untuk Hasan-Edi dan 48 persen untuk Zumi-Fachrori.

Sementara 8 daerah yang menjadi lumbung suara Zumi Zola-Fachrori Umar ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang merupakan kampung halaman keluarga Zola dengan perolehan suara ‎79 persen sementara Hasan Basri Agus hanya 29 persen.

Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Zumi Zola meraup 69 persen dan Hasan 32 persen. Di Kabupaten Muarojambi, Zumi Zola meraih 77 persen dan Hasan hanya 23 persen. Selanjutnya di Kota Jambi yang merupakan daerah dengan jumlah pemilih terbanyak, Zumi Zola meraup 65 persen dan Hasan 35 persen suara.

Kemudian di Kabupaten Batanghari, Zumi Zola juga memetik keunggulan dengan 60 persen dan Hasan 40 persen suara. Di Kabupaten Tebo, Zola meraih 70 persen dan Hasan 30 persen suara. Lalu di Kabupaten Bungo, Zola meraup 68 persen dan Hasan 32 persen suara. Di Kota Sungaipenuh, Zola meraih suara 51 persen dan Hasan 49 persen.

"Kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Jambi. Kami berharap tim pemenangan tetap menjaga kondusivitas," ujar Zumi Zola menanggapi hasil sejumlah lembaga survei di Jambi, Kamis (10/12/2015).

Zumi Zola merupakan mantan artis dan pesinetron. Dia adalah putra dari mantan Gubernur Jambi 2 periode, Zulkifli Nurdin. Keluarga Zola merupakan salah satu keluarga terpandang di Jambi dengan latar belakang sebagai pengusaha.

Sementara menanggapi sejumlah hasil hitung cepat lembaga survei, Hasan Basri Agus mengatakan, akan tetap menunggu hasil perhitungan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi. Ia juga menyatakan, mendapat banyak informasi adanya pelanggaran dalam proses pemilihan.

"Ini akan kita bahas bersama tim dan tim advokasi kami " kata Hasan.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jambi 2010-2015, Hasan Basri Agus pernah menjabat sebagai Bupati Sarolangun. Hasan berlatar belakang seorang birokrat yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi.

Loading