Sukses

Sekjen Bawaslu Pantau Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Kinabalu Sabah

Sekjen Bawaslu mengungkapkan, secara umum pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di TPS Kota Kinabalu berlangsung baik dan lancar.

Liputan6.com, Kinabalu - Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Gunawan Suswantoro memantau pemungutan suara Pemilu 2019 di Kota Kinabalu Negeri Sabah, Malaysia.

Gunawan saat memantau TPS di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Minggu menyatakan, memang ingin melihat langsung proses pemungutan suara TPS di Negeri Sabah. Dia pun mengungkapkan, secara umum pelaksanaan pemungutan suara di TPS Kota Kinabalu berlangsung baik dan lancar.

Seperti dilansir Antara, Gunawan menambahkan, dari 26 TPS di Kota Kinabalu, WNI sangat antusias sehingga diharapkan memberikan nuansa yang baik terhadap pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Bawaslu RI selaku penyelenggara Pemilu 2019 mengapresiasi kinerja PPLN dan Panwaslu Kota Kinabalu mulai dari tahapan hingga pemungutan suara serentak seluruh Malaysia pada 14 April 2019.

Meskipun dia akui, masih banyak hal-hal yang perlu dievaluasi, terutama kurangnya petugas pengawas pada kotak suara keliling (KSK) di ladang-ladang kelapa sawit untuk Pemilu 2019.

"Kekurangan tenaga pengawas di KSK di Sabah ini tentunya menjadi bahan evaluasi bagi Bawaslu RI," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aman dan Lancar

Ia mengharapkan pada pelaksanaan pemilu berikutnya kekurangan ini dapat diperbaiki makanya segala kendala dilaporkan.

"Pada dasarnya pelaksanaan pemilu 2019 di Negeri Sabah ini berlangsung lancar dan aman," ujar Gunawan didampingi sejumlah stafnya.

Tak lupa dia mengapresiasi KJRI Kota Kinabalu atas peran sertanya sehingga pelaksanaan pemungutan suara pilpres dan pileg kali ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.