Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

KPU Pilih 9 Nama Jadi Panelis Debat Cawapres

Fokus, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan sembilan nama untuk menjadi panelis yang meyiapkan materi debat calon wakil presiden dalam Pilpres 2019. Para panelis bersama dua moderator debat yang telah ditunjuk juga diharuskan menandatangani pakta integritas.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (14/3/2019), sembilan orang panelis datang dari kalangan akademis, budayawan, dan aktivis. Empat di antaranya berasal dari universitas ternama di Indonesia.

Para panelis diberi waktu tiga hari untuk menyusun soal dan harus diserahkan kepada KPU pada 16 Maret atau sehari sebelum debat.  

“Kami melakukan penyempurnaan termasuk tata bahasa dan waktu,” ujar Ketua Tim Panelis Prof. DR. H Yos Johan Utama, S.H, M.Hum.  

Para panelis dan dua  moderator yang terlibat dalam debat cawapres juga harus menandatangani pakta integritas. Pakta integritas tersebut berisi kesanggupan semua pihak agar mengikuti aturan KPU, yang antara lain tidak berpihak pada salah satu calon dan tidak membocorkan soal.  

Rencananya debat yang mempertemukan cawapres nomor urut 01 dan 0 2 akan berlangsung pada Minggu, 17 Maret 2019 dengan moderator Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas. Indosiar akan menyiarkan debat secara langsung mulai pukul 19.00 WIB. (Karlina Sintia Dewi)