Sukses

Bagi Tips Menangkan Pemilu, Jokowi: Jika Tak Berhasil, Temui Saya

Dari pintu ke pintu merupakan cara Jokowi memenangkan Pemilu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi membongkar cara memenangkan pemilihan umum (Pemilu). Cara paling mudah yakni dengan langsung mendatangi para calon pemilih.

"Caranya datangi dari pintu ke pintu," ujar Jokowi di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (7/11/2018).

Jokowi pun mengatakan cara ini dipakainya saat ikut dalam Pemilihan Wali Kota (Pilkada) Solo. Hasilnya, dia meraih kemenangan.

Dia mengungkapkan, cara tersebut dipakai lantaran dia sadar, tak ada yang mengenal sosoknya di Solo.

"2004, tanyakan yang namanya Jokowi di Solo, ada yang kenal enggak? Saya jamin satupun enggak ada yang kenal," kata Jokowi.

Pada Pilkada Solo 2004, Jokowi bahkan bersaing dengan petahana yang merupakan pengusaha terkenal di Solo.

"Itu juga yang saya lakukan di Jakarta. Saya buka-bukaan. Tolong nanti kalau ada yang sudah menggunakan cara ini dan tidak berhasil, temui saya," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Mudah

Tips ini juga pernah dibagikan Jokowi ke Relawan Perempuan Keren yang mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019 beberapa waktu lalu.

Para Relawan Perempuan Keren ini merupakan gabungan dari seluruh caleg perempuan dari partai koalisi. Dalam sambutannya, Jokowi mengingkatkan kepada para para caleg, menjadi anggota dewan atau wakil rakyat, tidaklah mudah. Perlu kerja keras dan ketekunan.

"Tapi untuk jadi anggota DPR, DPRD juga tidak mudah," kata Jokowi di depan relawan Perempuan Keren di kawasan Serpong, Tangerang, Banten, Minggu 4 November 2018.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.