Sukses

Temui Pemkab Pandeglang, Bawaslu Banten Bahas Sinergitas Pemilu 2019

Tujuan utama road show yakni dalam rangka sinergitas untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang damai.

Liputan6.com, Pandeglang - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pandeglang guna membahas sinergitas pengawasan pada Pemilu 2019.

"Kita melakukan kunjungan atau road show ke delapan kabupaten/kota yang ada di Banten, termasuk Pandeglang," ujar Komisioner Bawaslu Banten Nurhayati Solapari saat pertemuan dengan Bupati Pandeglang, seperti dilansir Antara, Kamis (1/11/2018).

Ia mengaku telah mengirimkan surat ke seluruh kabupaten atau kota di Banten dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang memberikan tanggapan paling cepat sehingga bisa dilaksanakan pertemuan.

Menurut Nurhayati, tujuan utama road show yakni dalam rangka sinergitas untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang damai.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan tiga pokok tugas dari Bawaslu yaitu pencegahan, pengawasan, dan penegakan hukum.

"Yang terus dikedepankan adalah pencegahan dan pengawasan. Pengawasan pada dasarnya tidak hanya tugas Bawaslu melainkan semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. Oleh sebab itu ini perlu terjalin kerja sama agar terjadi netralitas dikalangan aparatur sipil negara (ASN)," paparnya.

Terkait penindakan atau penegakan hukum, lanjut Nurhayati, hal ini merupakan mahkota Bawaslu. Artinya, kata dia, kegiatan ini sebagai hal yang sangat akhir saat terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh para peserta Pemilu.

"Saya harap ini tidak terjadi, untuk meminimalisasi hal itu kami lakukan road show ini ke semua kabupaten atau kota agar terjadi sinergitas yang baik sehingga pemilu damai dapat terwujud," jelas Nurhayati.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wujud Keseriusan Pandeglang

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya mendukung road show yang dilakukan Bawaslu Banten.

Dia menilai, pertemuan yang digelar sebagai wujud keseriusan dari Pemkab Pandeglang dalam mendukung Pemilu Damai.

"Dengan adanya pertemuan ini kami sebagai pemerintah daerah akan mendapatkan gambaran apa yang harus dilakukan untuk membantu Bawaslu dalam mewujudkan pemilu damai dan aman," kata Irna.

Irna juga mengimbau seluruh ASN di daerahnya untuk bersikap netral dengan tidak mendukung salah satu kandidat agar tidak mencederai jalannya Pemilu 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.