Sukses

Apresiasi Kinerja KPU, Airlangga: Pemilu 2024 Indonesia Jadi Sejarah Dunia

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melangsungkan rapat pleno evaluasi hasil Pileg dan Pilpres 2024. Menurut dia, Pemilu 2024 yang sudah berlangsung adalah sejarah bagi dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melangsungkan rapat pleno evaluasi hasil Pileg dan Pilpres 2024. Menurut dia, Pemilu 2024 yang sudah berlangsung adalah sejarah bagi dunia. Sebab, sebagai negara demokrasi terbesar setelah Amerika dan India, Indonesia dinilai berhasil menyelenggarakan pesta demokrasi dengan baik.

“Kami mengapresiasi seluruh KPU, KPUD dari tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dan nasional, demikian pula Bawaslu dari tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, karena telah menyelenggarakan pemilu yang menjadi sejarah di seluruh dunia,” bangga Airlangga saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Golkar, Anggrek Neli, Jakarta Barat, Minggu (10/3/2024). 

Airlangga menambahkan, sejarah dunia semakin terukir saat diketahui angka keikutsertaan pemilu mencapai 80 persen. Dia meyakin, angka tersebut sangat membanggakan, sebab belum tentu negara demokrasi yang lebih maju dapat mencapai persentase tersebut.

“Pemilu terbesar yang diselenggarakan dalam satu hari dan voters di atas 80 persen dan ini negara-negara demokrasi lain belum tentu punya pemilu yang seantusias ini,” bangga dia. 

Berdasarkan hal itu, Airlangga menyebut hasil sementara yang diraih partainya sudah sangat positif dan sesuai dengan hasil yang disampaikan pada real count KPU dan survei-survei lainnya. Karena itu, dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pemilih yang sudah mencoblos partainya.

“Kami seluruh DPP Partai Golkar mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendukung dan memberikan suara untuk Partai Golkar. Karena sampai saat ini berdasarkan hitungan Quick count dan real count itu berada di angka sekitar 15 persen,” kata Airlangga.

“Kami juga berterima kasih karena Partai Golkar yang telah memutuskan untuk memberi kemenangan kepada pasangan Pak Prabowo dan mas Gibran juga mendapatkan kepercayaan rakyat di atas sebesar 58 persen,” imbuh Airlangga menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Airlangga: Terima Kasih ke Masyarakat yang Dukung dan Beri Suara ke Golkar

Sebelumnya, Airlangga meyakini, perolehan suara partai Golkar di Pemilu 2024 sudah sesuai dengan hasil yang disampaikan pada real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan survei-survei lainnya.

"Pada kesempatan ini kami seluruh DPP Partai Golkar mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendukung dan memberikan suara untuk Partai Golkar. Karena sampai saat ini berdasarkan hitungan quick count dan real count itu berada di angka sekitar 15 persen," kata Airlangga saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Golkar, Anggrek Neli, Jakarta Barat, Minggu (10/3/2024).

"Kami juga berterima kasih karena Partai Golkar yang telah memutuskan untuk memberi kemenangan kepada pasangan Pak Prabowo dan Mas Gibran juga mendapatkan kepercayaan rakyat di atas sebesar 58 persen," imbuh Airlangga.

Airlangga memastikan, seluruh suara yang dicoblos di dalam bilik surat suara adalah dukungan untuk Partai Golkar. Artinya, saat ini Partai Golkar tinggal menunggu hasil resmi yang akan diumumkan pada hasil rekapitulasi berjenjang oleh KPU di tiap provinsi dan tingkat nasional.

"Jadi selanjutnya tentu kita menunggu hasil daripada perhitungan Pemilu oleh KPU dan Bawaslu pada tanggal 20 Maret," tutur pria yang juga menjabat sebagai Menko Perekonomian ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.