Sukses

Relawan Sebut Jokowi Effects Tak Sesederhana Over Shooting Bansos

Ketua Umum Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini mengatakan bahwa Jokowi Effects selama ini selalu dilihat minor terutama di Jateng dan DIY. Jokowi Effects selalu dikaitkan dengan Bansos dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei di Pilpres 2024. Keunggulan pasangan Prabowo-Gibran tersebut dinilai sejumlah pengamat salah satunya karena Jokowi Effects.

Ketua Umum Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini mengatakan bahwa Jokowi Effects selama ini selalu dilihat minor terutama di Jateng dan DIY. Jokowi Effects selalu dikaitkan dengan Bansos dan lainnya.

Padahal Jokowi Effect berkaitan dengan nama dan kerja para relawan Jokowi di akar rumput.

"Tidak pernah disinggung sisi paternalistik sosiologis nama Jokowi dan tidak pernah disinggung bagaimana kerja kami, para relawan, menggarap habis akar rumput," katanya.

Ia mengatakan, paternalistik sosioligis nama Jokowi itu sungguh sangat sensitif. Begitu Jokowi direndahkan, maka banyak yang sakit hati dan ingin melakukan pembalasan.

"Pilpres kemarin itulah momen pembalasan itu. Baru kita sentuh untuk penguatan lewat tabloid kanvasing door to door, sudah berantakan. Nama Jokowi itu sakral bagi kami. Bukan kultus individu tetapi kecintaan mendalam karena kerja nyata bagi rakyat. Begitu direndahkan, goyang saja, bubar peta mereka," katanya.

Sementara itu terkait Bansos, kata Isnaini dinarasikan terlalu berlebihan. Bansos hanya dijadikan alasan kubu lain sebagai pembelaan atas kekalahan telak.

"Janganlah selalu masyarakat bawah itu dianggap bodoh dan naif. Hanya karena Bansos lantas sehebat itu mereka merobohkan Kandang Banteng," katanya.

Oleh karena itu menurut Isnaini, Jokowi Effects yang sesungguhnya adalah nama Jokowi yang sangat sensitif.

"Substansi Jokowi Effects itu ya sensitifitas sangat tinggi di masyarakat bawah. Direndahkan, dibusukkan, dihina...ya tsunami pembalasan. Faktual ini," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Quick Count CSIS 100%: Anies-Muhaimin 24,94%, Prabowo-Gibran 58,22%, Ganjar-Mahfud 16,84%

Lembaga Centre for Strategic and International Studies (CSIS) telah merampungkan hitung cepat atau quick count Pilpres 2024 pada Jumat, (16/2/2024) dengan total suara yang masuk sudah 100 persen. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran masih unggul.

Capres-cawapres nomor urut 2 itu unggul dengan persentase 58,22 persen, diikuti pasangan Anies-Muhaimin dengan 24,94 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud meraih 16,84 persen.

Adapun hitung cepat ini dilakukan menggunakan populasi 2.000 TPS yang tersebar di 38 Provinsi. Sampel dipilih dengan metode Multistage Random Sampling.

Sedangkan untuk Tingkat kepercayaan Quick Count ini 95 persen dengan Margin of Error ±1%. Quick Count ini paling tidak melibatkan 1 juta pemilih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • relawan