Sukses

Hasil Real Count KPU: Komeng Unggul Sementara di Pemilihan DPD Jabar

Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat Alfiansyah Komeng unggul sementara di daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar). Perolehan suara ini berdasarkan hasil rekapitulasi hitung suara (real count) situs KPU pada Kamis 15 Februari 2024 pukul 11.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat Alfiansyah Komeng unggul sementara di daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar).

Perolehan suara ini berdasarkan hasil rekapitulasi hitung suara (real count) situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis 15 Februari 2024 pukul 11.00 WIB. Berdasarkan real count KPU, Komeng mendapatkan 193.189 suara.

Sedangkan di posisi kedua ditempati Aanya Rina Casmayanti dengan perolehan 87.289 suara, disusul Jihan Fahira dengan 82.246 suara.

Adapun total suara yang terkumpul baru 33,20 persen dari 140.457 tempat pemungutan suara (TPS). Meski total suara yang terkumpul baru di angka 33,20 persen, namun perolehan suara Komeng di pemilihan DPD Jabar jauh mengungguli kandidat lain.

Sebelumnya, momen Pemilu 2024 dirayakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk di media sosial. Pada Pemilu 2024, masyarakat Indonesia tak hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden tetapi juga anggota legislatif, dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Bicara soal Pemilu 2024, ada hal yang membuat warganet salah fokus saat memilih anggota DPD, terutama mereka yang berada di daerah pemilihan Jawa Barat.

Para pemilih di dapil tersebut salah fokus dengan foto calon anggota DPD yakni komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng yang menggunakan dinilai berbeda dengan calon anggota DPD lainnya.

Warganet menilai pose Komeng yang dicetak di surat suara itu kocak. Hal ini pun menjadi perbincangan warganet di media sosial terutama Twitter.

Bahkan, nama Komeng menjadi trending topic di X alias Twitter pada Rabu (14/2/2024).

"Komeng beneran beda sendiri fotonya," kata seorang warganet memperlihatkan foto surat suara anggota DPD Jawa Barat.

"Komeng beneran nyaleg di Cibinong atas nama Alfiansyah Komeng," kata seorang warganet lain.

"DPD gua ada komeng dan fotonya paling kocak sendiri," kata seorang warganet.

"Masa iya kaga gue coblos, tapi kenapa fotonya gini yaa Bang Komeng," kata netizen lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komeng Maju Jadi Calon Anggota DPD pada Pileg 2024

Sebelumnya, Komeng mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat pada 13 Mei 2023, sebagai bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Pemilihan Jabar.

Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok mengatakan, Komeng merupakan warga yang tercatat berdomisili di daerah Bogor dan telah melalui tahap verifikasi administrasi dan verifikasi faktual sebelum melakukan pendaftaran.

"Bakal calon yang melakukan pendaftaran itu menyerahkan dokumen persyaratan, berupa surat keterangan kelakuan baik yang paling penting dari kepolisian, surat keterangan tidak dipidana secara hukum dari pengadilan, kesehatan jasmani dan rohani dan narkotika, dan kelengkapan lainnya," tutur Rifqi.

Rifqi menjelaskan, Komeng bisa mendaftar sebagai bakal calon DPD RI setelah beberapa waktu sebelumnya mengumpulkan sekitar 6.000 dukungan warga yang dibuktikan dengan salinan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai salah satu persyaratan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.