Sukses

Istana Tegaskan Jokowi Tak Hadiri Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK Hari Ini

Presiden Jokowi dipastikan tidak akan menghadiri kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di GBK Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan tidak akan menghadiri kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (10/2/2024). Hal ini menyusul pernyataan Jokowi yang menegaskan tak akan berkampanye.

"Presiden tidak akan kampanye. Ini telah ditegaskan beliau, 7 Februari 2024 yang lalu," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana saat dikonfirmasi soal kehadiran Jokowi di kampanye Prabowo-Gibran, Sabtu (10/2/2024).

Sebelumnya, Jokowi menegaskan tidak akan ikut berkampanye pada Pemilu maupun Pilpres 2024. Hal ini disampaikan Jokowi menjawab kabar yang menyebutkan dirinya akan ikut kampanye akbar terakhir pada 10 Februari 2024.

Dia menuturkan presiden memang diperbolehkan berkampanye dan memihak sesuai Undang-Undang Nomor Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Namun, Jokowi tak menggunakan kesempatan untuk kampanye.

"Yang bilang (akan ikut kampanye) siapa? Ini saya ingin menegaskan kembali pernyataan saya sebelumnya bahwa presiden memang diperbolehkan undang-undang untuk kampanye dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya," kata Jokowi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu (6/2/2024).

"Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye, saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye," sambung Jokowi.

Sementara itu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan melakukan kampanye akbar bersama para Tim Kemenangan Nasional (TKN) partai pengusung serta para pendukung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kampanye Akbar Prabowo di GBK, Akan Dimeriahkan Sejumlah Artis

Kampanye akbar sebelum memasuki masa tenang Pemilu 2024 ini nantinya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu 10 Februari 2024.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengatakan, dalam kegiatan nanti juga akan dihadiri oleh sejumlah artis ataupun musisi ternama Indonesia seperti Ahmad Dhani hingga Ari Lasso.

"Kegiatan pesta rakyat itu sendiri rencananya laksanakan mulai jam 14.00 sampai 18.00 WIB, tapi gate atau pintu Senayan tribunnya sudah mulai dibuka mulai pukul 12.30 WIB, sudah mulai dibuka manakala kalau ada orang yang sudah datang pada saat itu," kata Nusron di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2024).

"Kegiatan ini atau pesta rakyat untuk Indonesia maju ini dilaksanakan untuk umum, tidak memakai tiket untuk masuk. Semua masyarakat pun bisa masuk, namanya juga pesta rakyat untuk Indonesia maju," sambung dia.

Berikut artis yang hadir dalam kampanye akbar di GBK:

- Akbar Rais

- Alshad Ahmad

- Andre Taulany

- Arjuna

- Armada

- Atta Halilintar

- Aurel Hermansyah

- Baim Wong

- Brisia Jodie

- Caca Tengker

- Caesar Gunawan

- Cak Percil

- Canka Garuda Yaksa

- Celine Evangelista

- Christian Bong Citra Kirana

- Dara Arafah

- Desta Mahendra

- Dewa 19 Feat Ello dan Ari Lasso

- Duo Anggrek

- Gading Marten

- Garudas

- Gus Miftah

- Gya P. Sadiqah

- Happy Asmara

- Jeje

- Karin Novilda

- Kiki Saputri

- Lesti Kejora

- Lulu Lahfah

- Marshel Widianto

- Melaney Ricardo

- Nagita Slavina

- NTRL

- Nisya Ahmad

- Paula Verhoeven

- Rachel Vennya

- Raffi Ahmad

- Rezky Aditya

- Ria Ricis

- Richard Jersey

- Rizky Billar

- Syahnaz Sadiqah

- Tarra Budiman

- Tasya Revina

- Violenzia Zianette

- Wika Salim

- Zee Zee Shahib

 

 

3 dari 3 halaman

TKN: 500 Ribu Lebih Orang Daftar Hadiri Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mencatat sudah 500 ribu orang yang akan menghadiri kampanye akbar pada Sabtu 10 Februari 2024. Kegiatan ini rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Pusat.

"Estimasi orang yang datang yang sudah daftar pada hari ini sudah lebih dari setengah juta orang. Tapi namanya ini kegiatan untuk umum kita tidak bisa menghalangi kita tidak bisa mencegah orang-orang yang ingin datang, tapi kita anjurkan tetap suasananya tertib," kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis (8/2).

Nusron pun mengimbau kepada para pendukung, relawan dan masyarakat yang akan hadir nanti agar mematuhi Undang-Undang Pemilu, yakni aturan terkait larangan membawa anak-anak di acara kampanye.

"Kami menyarankan kepada semua yang hadir kita tertib aturan terutama undang-undang Pemilu. Karena ini adalah paket kegiatan kampanye, bukan konser, bukan pesta biasa, tapi ini ada unsur kampanyenya sesuai Undang-Undang Pemilu bahwa kampanye tidak boleh menyertakan anak-anak," ujarnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan yang bertajuk Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju'. Nantinya Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka akan memimpin artis dan influencer untuk melakukan aksi kebersihan setelah acara.

"Mohon maaf kalau ada kotoran-kotoran yang tersisa akibat acara itu. Kami berkomitmen akan membangun sukarelawan sebanyak-banyaknya untuk melakukan aksi-aksi sosial rencana nanti dipimpin langsung oleh Mas Gibran. Aksi kebersihan itu bersama artis-artis yang ikut ada Raffi Ahmad dan relawan yang lain bersama-sama melakukan aksi kebersihan," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.