Sukses

Ganjar-Mahfud Didukung Kiai Kampung se Jabodetabek, Hasto: Bawa Kebaikan

Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud MD, Hasto Kristiyanto menghadiri acara deklarasi Ganjar-Mahfud yang dilakukan oleh Forum Ulama dan Kiai Kampung (Ful Kimpung). Acara deklarasi berlangsung di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud MD, Hasto Kristiyanto menghadiri acara deklarasi Ganjar-Mahfud yang dilakukan oleh Forum Ulama dan Kiai Kampung (Ful Kimpung). Acara deklarasi berlangsung di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Hasto terlihat mengenakan pakaian jaket berwarna hitam-putih bertuliskan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud.

Hasto mengatakan, deklarasi dukungan yang disampaikan forum ulama dan kiai karena sosok kepemimpinan Ganjar yang sangat membawa kebaikan. 

"Di deklarasi kiai kampung ini maka karena kepemimpinan Pak Ganjar dan Prof Mahfud itu menunjukan suatu kepemimpinan kebaikan," kata Hasto, saat memberikan sambutan. 

"Karena semua agama mengajarkan kebaikan, mengajarkan pentingnya keadilan tadi Pak Kiai sudah memberikan penjelasan bagaimana Baitul muslimin PDIP itu terus menggelorakan sebagai rahmatan lil alamin," sambungnya. 

Tak hanya itu, spirit Ganjar-Mahfud sama dengan apa yang dibawa oleh forum kiai dan ulama. 

"Bagaimana para tokoh-tokoh besar bergerak terus berjuang agar politik membawa kebaikan agar politik didasarkan etika dan moral yang baik maka Pak Ganjar dan Prof Mahfud spiritnya sama dengan para kiai kumpul yang hadir hari ini yaitu lebih memilih untuk turun kebawah, tidur di rumah-rumah rakyat," tegasnya. 

Sementara, KH Zainal Arifin Naim, Ketua Ful Kimpungmenyampaikan, saat ini anggotanya ada sebanyak 1.500 yang tersebar di seluruh Jabodetabek.

Dia pun menyatakan sikap bahwa seluruh anggota Forum Ulama dan Kiai Kampung menyatakan sikap mendukung dan menyukseskan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Dia mengajak seluruh Ulama dan Kiai Kampung untuk masang banner dan spanduk bergambar Ganjar-Mahfud di rumah masing-masing.

“Saya buat banner ini untuk di pasang di rumah para Ulama dan Kiai Kampung. Supaya saudara, tetangga dan murid-muridnya tahu kalau gurunya mendukung Ganjar-Mahfud,” kata KH Zainal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melakukan Door to Door

KH Zainal juga mengajak para ulama dan kiai kampung untuk melakukan door to door di wilayahnya guna menyukseskan paslon Ganjar-Mahfud.

“Saya mengajak para ulama dan kiai kampung untuk door to door. Saya benggerak di zaman Gus Dur. Gus Dur pernah mengatakan bahwa para kiai kampung ini sesungguhnya yang dekat dengan rakyat, bukan yang bagi-bagi duit doang,” jelasnya.

Selain itu, KH Zainal juga mengatakan pihaknya bersama Forum Ulama dan Kiai Kampung sempat digoda oleh pihak lain untuk mendukung paslon capres-cawapres lainnya.

Namun, dia meneguhkan dukungan kepada Ganjar-Mahfud.

“Insyaallah semua mejelis taqlim sukseskan Ganjar-Mahfud. Siap,” tegas KH Zainal.

3 dari 4 halaman

Alasan Mendukung Ganjar-Mahfud

Sementara itu, perwakilan Kiai dari Bogor mengungkapkan alasan mendukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Menurut dia, sosok Ganjar-Mahfud merupakan orang baik yang perlu didukung.

“Ganjar-Mahfud orang baik, ulama kiai orang baik, kita adalah tokoh yang harus memaparkan Islam yang rahmatan lil alamin. Maka dengan penuh semangat dan hikmat dan dari hati yang terdalam, mendukung Pak Ganjar-Mahfud,” katanya.

Dia juga menyampaikan aspirasi agar Ganjar-Mahfud terpilih menjadi presiden dan wakil presiden untuk memperhatikan kesejahteraan para guru ngaji di wilayah Jabodetabek.

Hadir dalam acara deklarasi, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Yuke Yurike bersama Sekjen Baitul Muslimin Indonesia, organisasi sayap keagamaan PDIP, Irvansyah.

Adapun, Ketua Forum Ulama dan Kiai Kampung, KH. Zainal Arifin Naim dan Sekretaris Ust. Nur Shollah Bek turut menyambut kedatangan Hasto.

Acara ini juga terlihat dihadiri oleh ratusan Ulama dan Kiai Kampung dari berbagai wilayah di DKI Jakarta.

4 dari 4 halaman

Isi Deklarasi

Berikut isi deklarasi dukungan yang dibacakan oleh KH Zainal dan diikuti oleh ratusan ulama dan kiai kampung se-DKI Jakarta.

Dengan ini, kami menyatakan mendukung bapak H.Ganjar Pranowo dan Prof.H.Mahfud MD sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia dalam Pemilihan Presiden 2024.

Selanjutnya, kami akan menggalang masyarakat untuk memenangkan bapak H.Ganjar Pranowo dan Prof. H.Mahfud MD sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang ke-8 periode 2024-2029.

KH Zainal pun menyerahkan monumen deklarasi Forum Ulama dan Kiai Kampung (Ful Kimpung) kepada Hasto Kristiyanto.

 

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini