Sukses

Cak Imin Protes Ada Dua Panelis Debat Capres dari Unhan, Begini Respons KPU

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari menanggapi protes dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin terkait dua panelis asal Universitas Pertahanan (Unhan) untuk debat calon presiden (capres) pada Minggu, 7 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari menanggapi protes dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin terkait dua panelis asal Universitas Pertahanan (Unhan) untuk debat calon presiden (capres) pada Minggu, 7 Januari 2024.

Pasalnya, Unhan terafiliasi dengan Kementerian Pertahanan yang kini dikomandoi Prabowo Subianto.

"Panelis ini bisa berasal dari berbagai macam sumber atau kelembagaan. Tapi kami menyakini bahwa beliau-beliau ini kan punya kapasitas, punya integritas akademik yang dapat dijaga atau dapat dipertahankan," ujar Hasyim di gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Dengan begitu, kata Hasyim, segala hal yang berkaitan dengan panelis, baik soal bidang keahlian maupun dengan institusi atau lembaga, seluruhnya sudah dibicarakan hingga rapat terakhir antara KPU dengan tim pasangan calon serta media penyelenggara pada Kamis, 4 Januari 2024.

"Jadi, kita meyakini semuanya punya integritas para panelis itu. Toh nanti apa pun yang ditulis oleh panelis, pertanyaan, itu ada 18 pertanyaan, dan sebagaimana yang sudah di debat pertama maupun debat kedua, itu mekanisme pengambilannya juga mekanisme undi secara bertingkat," jelas Hasyim.

"Jadi begitu diambil tema apa, kemudian mendapat pertanyaan nomor berapa. Jadi kalau ada 18 pertanyaan, dan kesempatan untuk seperti itu sudah pasti tidak semua pertanyaan juga akan diperoleh. Dan sekali lagi, untuk memperoleh menggunakan mekanisme undi yang saya kira kita sama-sama mengetahui dilakukan secara transparan," sambung Hasyim.

Komisioner KPU August Mellaz menambahkan, pihaknya memang menentukan panelis debat ketiga yang kemudian dikonfirmasi berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan latar belakang sesuai tema yang telah ditetapkan untuk debat capres ketiga.

"Konfirmasi dan kesediaan itu sekaligus, mengonfirmasi bukan saja kesiapan dari para penelis untuk dikarantina, termasuk menandatangani pakta integritas. Dan juga pertanyaan ke beliau-beliau semua, apakah setiap panelis ini bukan menjadi bagian dari tim kampanye atau pelaksana kampanye," kata August.

"Jadi itu sudah clear semua. Nah, nanti mekanisme kerjanya, tentu KPU tidak akan masuk ke sana, tapi yang jelas 11 orang panelis akan merumuskan pertanyaan secara bersama-sama. Semua tahu, semua akan saling sesuai, ketat, sesuai tema yang disusun," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cak Imin Protes Dua Panelis Debat Capres Berasal dari Unhan

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melayangkan protes soal adanya dua panelis asal Universitas Pertahanan (Unhan) untuk debat capres pada 7 Januari 2024.

Cak Imin mengaku khawatir ada indikasi kecurangan mengingat Unhan terafiliasi di bawah Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut dua Prabowo Subianto. Cak Imin meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengganti dua panelis asal Unhan tersebut.

"Ya terus terang saya protes, karena itu mengganggu objektivitas. Karena apa pun Unhan di bawah Pak Prabowo, Menhan. Karena itu saya protes, syukur-syukur bisa diganti," kata Cak Imin kepada wartawan di sela-sela kampanye di Garut, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024).

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 11 nama orang panelis debat capres yang akan digelar Minggu, 7 Januari 2024. Dua di antaranya berasal dari Unhan.

Adapun untuk debat ketiga para capres akan berdebat terkait tema pertahanan dan keamanan, hubungan internasional dan globalisasi, serta geopolitik dan politik luar negeri.

Debat ketiga ini akan digelar pada Minggu, 7 Januari 2024, pukul 19.00 WIB dengan total durasi sekitar 150 menit. Melansir dari Antara, acara debat capres akan terdiri dari enam segmen yang berdurasi 120 menit dengan siswa waktu tersebut adalah iklan.

Segmen debat pilpres 2024 terdiri dari segmen pertama yaitu, pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja. Kemudian semen kedua merupakan pendalaman visi, misi dan program kerja.

Pada segmen ketiga merupakan pedalaman visi, misi, dan program kerja oleh moderator debat. Segmen keempat merupakan sesi tanya jawab dan sanggahan dan segmen kelima melanjutkan sesi tanya jawab dan sanggahan.

Hingga pada segmen keenam merupakan penutupan dari acara debat antara pasangan calon tersebut.

3 dari 4 halaman

Daftar 11 Panelis Debat Capres 7 Januari 2024

Berikut 11 orang yang sudah terkonfirmasi menjadi panelis debat capres dan mulai dikarantina Jumat, 5 Januari 2023:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)

3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)

4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)

5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)

6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)

7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)

8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)

9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)

10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran)

 

 

4 dari 4 halaman

Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres 7 Januari 2024

Sementara itu, KPU telah menunjuk dua orang untuk menjadi moderator debat capres  Minggu, 7 Januari 2024. Komisioner KPU August Mellaz mengatakan penunjukan dua moderator ini dilakukan setelah rapat finalisasi debat capres pada Rabu (3/1/2024).

"Moderator Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki," kata Komisioner KPU RI, August Mellaz, di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

Diketahui, Ariyo Ardi adalah seorang jurnalis senior dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang penyiaran, pembawa acara, hingga pemimpin redaksi di GTV sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Ariyo tercatat juga pernah menjabat sebagai Deputi Editor di iNews TV dan RCT sebagai eksekutif produser dan anchor. Sebelum bergabung dengan MNC group, Ariyo pernah berkarir di TV one dan SCTV.

Sedangkan Anisha Dasuki, melihat rekam jejak digitalnya, merupakan lulusan Universitas Katolik Parahyangan Bandung yang mengawali kariernya sebagai jurnalis pada 2009 sebagai pembawa acara di Metro TV.

Kemudian, pada tahun 2016, Anisha Dasuki bergeser ke MNC Group dan membawakan sejumlah acara di iNews, seperti iNews Petang, iNews Room dan Talk to iNews.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.