Sukses

Jelang Debat Cawapres Jumat 22 Desember, Cak Imin: Banyak Istirahat Biar Tidak Ngantuk

Calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memperbanyak istirahat jelang debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, memperbanyak istirahat jelang debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Desember 2023.

Cak Imin mengaku ingin banyak istirahat agar tidak mengantuk saat acara debat berlangsung.

"Ya memang untuk mulai besok lebih banyak istirahat karena supaya tidak ngantuk di saat debat, begitulah kira-kira," ujar Cak Imin di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Selain memperbanyak istirahat, Cak Imin menyebut dirinya akan kembali mempelajari visi misinya bersama capres Anies Baswedan. Dia berharap masyarakat bisa mendukung gagasan yang akan dia sampaikan.

"Ya tentu saya mencoba membaca kembali semua visi misi itu, karena yang paling penting dari substansi debat adalah kita menyampaikan rencana dan gagasan, sehingga masyarakat mendukung gagasan dan rencana itu," kata Cak Imin.

"Sekaligus kalau menang, gagasan itu bisa terlaksana dengan cepat karena masyarakat mengerti dan terlibat untuk berpartisipasi," Cak Imin menambahkan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPK) menegaskan, dalam debat cawapres besok, para cawapres tidak diperbolehkan menggunakan teleprompter atau alat bantu baca dan telepon seluler.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan, meski nantinya ada podium dalam debat, benda terlarang tersebut tak boleh digunakan oleh ketiga capres, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

"Semua pasangan calon mengusulkan agar dalam perdebatan nanti disiapkan podium untuk masing-masing capres maupun cawapres yang akan debat. Di Podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, bolpoin dan kertas," ujar Hasyim di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

"Hanya saja alat bantu yang lain, teleprompter atau iPad atau yang lain-lain tidak diperbolehkan," Hasyim menambahkan.

Hasyim menyebut yang boleh disiapkan oleh cawapres hanya alat tulis berupa kertas kosong dan bolpoin. Dia memastikan hal tersebut juga dilakukan dalam debat perdana capres pada Selasa, 12 Desember 2023 kemarin.

"Jadi, alat bantu yang diperbolehkan yang disepakati adalah alat tulis berupa kertas dan bolpoin. Dan debat pertama juga kemarin tidak ada alat bantu yang digunakan oleh masing-masing capres, dan bahkan pada debat pertama kemarin tidak menggunakan podium," kata Hasyim.

"Dan alhamdulillah semua calon presiden kita dalam kondisi sehat, segar, bugar, mampu berdiri mulai dari sesi-sesi perdebatan awal sampai terakhir," Hasyim menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panelis Debat Cawapres Siapkan 18 Pertanyaan untuk Ketiga Kandidat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) Hasyim Asy'ari menyatakan pihaknya menyiapkan 18 pertanyaan yang tengah disusun oleh 11 panelis untuk debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat, 22 Desember 2023.

Tema debat cawapres kali ini mengenai ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

"Panelis menyiapkan 18 pertanyaan, ada 6 sub tema," ujar Hasyim di Gedung KPU, Kamis (21/12/2023).

Hasyim menyebut nanti pihaknya akan mengundi pertanyaan yang akan diberikan moderator kepada ketiga cawapres yakni, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Kata Hasyim, pertanyaan yang akan diberikan kepada ketiga cawapres diundi semata demi keadilan.

"Pertanyaan dalam sub tema masing-masing ada 3 itu kan, soal undian. Dalam pandangan kami itu lebih fair daripada KPU yang menentukan karena pastilah ada tuduhan di-setting," kata Hasyim.

"Jadi, dari masing-masing sub tema sudah ada pertanyaan dan sudah terambil," Hasyim menambahkan.

Sebelumnya, Hasyim Asy'ari menyebut 11 panelis debat cawapres saat ini sudah berada di Jakarta. Hasyim mengatakan ke-11 panelis tengah menyusun pertanyaan yang akan dilontarkan kepada ketiga cawapres.

"Tim panelis sebagaimana debat pertama sudah hadir di Jakarta dan sedang bekerja menyusun daftar pertanyaan untuk bahan debat kedua untuk cawapres," ujar Hasyim.

Hasyim menyebut, nantinya daftar pertanyaan yang sudah disusun akan diserahkan kepada KPU sebelum akhirnya diberikan kepada moderator sesaat sebelum debat dimulai.

"Dan nanti setelah daftar pertanyaan selesai sebagaimana terjadi di debat pertama akan diserahkan ke KPU, dan hari H akan disampaikan ke moderator," kata Hasyim.

Dalam debat cawapres besok, KPU telah menunjuk Alfito Deannova (Trans Corp) dan Liviana Cherlisa (Kompas TV) sebagai moderator.

3 dari 3 halaman

Gibran Rakabuming Jadi Kontestan Pertama yang Sampaikan Visi Misi di Debat Cawapres

calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka akan menjadi kontestan pertama yang akan menyampaikan visi misi dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat, 21 Desember 2023.

"Perlu diketahui bahwa pada debat pertama kemarin pada 12 Desember 2023 urutan penyampaian visi misi debat dimulai nomor urut 01. Debat kedua dari cawapres dimulai nomor urut 02. Debat selanjutnya akan dari nomor urut 03 dan seterusnya," ujar Hasyim Asy'ari di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.