Sukses

Format Debat Cawapres di JCC Senayan, Jumat 22 Desember 2023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat cawapres rencananya akan diselenggarakan mulai pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat cawapres rencananya akan diselenggarakan mulai pukul 19.00 WIB.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari membeberkan format debat pertama cawapres. Menurut Hasyim, format debat cawapres tak jauh berbeda dengan format debat cawapres di KPU pada Selasa, 12 Desember 2023.

"Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC Jakarta. Dan sebagaimana yang sudah kita ikuti bersama pada debat yang pertama, debat capres, nanti format debatnya persis seperti itu, jadi ada 6 segmen," ujar Hasyim di kantor KPU RI, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Hasyim menyebut segmen pertama yakni penyampaian visi misi dan program kerja dari Muhaimin Iskandar, Gibrang Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan yang sudah disusun oleh para panelis.

"Kemudian segmen kedua dan segmen ketiga nanti akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis, dan yang akan menyampaikan atau mengajukan pertanyaan yaitu moderator," kata Hasyim.

Untuk segmen keempat dan kelima masing-masing cawapres akan mengajukan pertanyaan yang diajukan cawapres lain.

"Dan juga masing-masing calon wakil presiden diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing calon wakil presiden (cawapres). Persis seperti kita melaksanakan debat calon presiden yang pertama," ucap Hasyim.

"Kemudian segmen terakhir, segmen keenam nanti clossing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing calon wakil presiden tentang topik yang dijadikan bahan untuk debat calon wakil presiden," kata Hasyim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa Jadi Moderator Debat Cawapres Jumat 22 Desember 2023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga sudah menetapkan dua moderator untuk debat cawapres Jumat 22 Desember 2023. Kedua moderator itu yakni, Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa.

"Moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat calon wakil presiden besok tanggal 22 Desember yang pertama adalah Alfito Deannova dari Trans Crop. Kemudian yang kedua adalah Kompas TV, Liviana Cherlisa," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Adapun tema debat kedua pilpres 2024 yang mempertemukan cawapres yaitu, ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Selain moderator, KPU juga merilis 11 nama panelis debat perdana cawapres. Para panelis nantinya akan merumuskan pertanyaan untuk ketiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

3 dari 3 halaman

Daftar 11 Panelis Debat Cawapres Jumat 22 Desember 2023

Berikut daftar nama 11 panelis debat cawapres Jumat, 22 Desember 2023:

1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020),

2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember),

3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023),

4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung),

5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia),

6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN),

7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM),

8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025),

9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro),

10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), dan

11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.