Sukses

Solusi Ganjar untuk Pedagang Pasar di Tengah Gencarnya E-Commerce

Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, berjanji akan memberikan solusi kepada para pedagang di pasar konvensional di tengah gencarnya kehadiran platform e-commerce.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, berjanji akan memberikan solusi kepada para pedagang di pasar konvensional di tengah gencarnya kehadiran platform e-commerce.

Solusi itu diberikan Ganjar Pranowo saat menjawab pertanyaan seorang pedagang yang meminta agar ada jalan keluar untuk permasalahan antara pedagang konvensional dan online.

"Di sini saya akan minta banyak keluhan, Pak. Keluhan pertamanya TikTok, Shopee, Lazada, Pak. Dengan itu Pak, Pasar Kranggan, pasar tradisional tidak bisa bersaing dengan online, Pak. Ibaratnya kita beli dia udah jual dan tanpa ongkir, Pak," salah seorang pedagang di Pasar Keranggan Mas, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023).

"Itu Pak yang sangat saya dan banyak kawan-kawan kita yang sudah tumbang di Pasar Karanggan ini. Sampai warganya mau dikontrak juga enggak laku," katanya.

"Ya tadi juga ada serupa (keluhan polemik e-commerce). Ada dua cara. Yang pertama, para penjual tradisional juga akan kita ajari cara jualan dagang digital online ya. Nanti kita ajari juga. Nanti kita ada pelatihan," jawab Ganjar.

Selain pelatihan, lanjut Ganjar, jika terpilih menjadi presiden akan mencoba mengatur bagaimana kehadiran e-commerce tidak mematikan usaha para pedagang konvensional, apalagi pedagang pasar tradisional. Dengan sebuah aturan untuk saling berkolaborasi antara keduanya.

"Maka dengan cara itu, semua bisa mendapatkan untung ya. Jadi sejarah ini. Bapak ibu, pernah tenar pada saat ojek. Ojek dulu pertama, mojok di pangkalan, sekarang ada online. Nah, sekarang orang mulai terbiasa. Kita akan saling latihan agar kita sama-sama bisa maju," jelas Ganjar.

Ganjar menyatakan jika terpilih sebagai presiden akan mencoba membuat aturan yang baik untuk para pedagang konvensional dan online. Sebab, ia menyadari perkembangan teknologi harus disikapi dan diatur.

"Memang betul, yang jualan online kan sekarang ya tidak perlu sewa kios ya. Mungkin dia langsung punya gudang sendiri atau bareng-bareng sharing. Nah, ini nanti yang kita akan pikirkan. Kita akan bahas bersama, diatur bersama-sama," kata Ganjar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar Minta Semua Relawan Dengarkan Masyarakat

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo meresmikan Posko Relawan Laskar Ganjar Pranowo (LGP) di Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023).

Menurut Ganjar Pranowo, posko diperlukan untuk mendengarkan suara masyarakat Kota Bekasi. Ia pun meminta relawan LGP untuk bekerja turun langsung ke masyarakat.

"Catat satu satu, kerjakan baik-baik, dengan menjaga kesopanan dan insyallah kita akan bergerak bersama rakyat," ujar Ganjar saat meresmikan posko.

Ganjar mengingatkan para relawan untuk menyelesaikan dan laporan persoalan masyarakat di posko tersebut.

"Kalau ada laporan-laporan dari masyarakat, kumpulkan di sini, selesaikan di rumah ini, agar kita bisa berkomunikasi antara yang di daerah dengan yang ada di pusat," kata Ganjar.

Diketahui, capres yang diusung PDIP, PPP, Perindo dan Hanura itu tengah melakukan kampanye di Bekasi dan Kerawang. Sebelum peresmian posko, Ganjar sempat sarapan dan olahraga bersama warga. Ia memesan seporsi nasi uduk.

Sebelum sarapan nasi uduk, Ganjar menghadiri acara senam pagi bersama dengan masyarakat Kota Bekasi. Dia berpesan agar selalu melaksanakan olahraga karena menjadi sebuah investasi kesehatan.

"Jaga kesehatan terus. Jaga kesehatan terus dengan olahraga agar kita selalu sehat. Urusan kesehatan begitu penting, kalau investasi kita dengan cara olahraga dapatnya banyak sekali," tandas Ganjar.

3 dari 3 halaman

Di Depan Ganjar Pranowo, Ibu di Ponpes Modern Sirojul Munir Ajak Pilih "Ginanjar yang Nomor 3"

Momen menarik terjadi saat Ganjar Pranowo berkunjung ke Pondok Modern Sirojul Munir, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023).

Seorang ibu di pondok pesantren tersebut dengan lantang memanggil nama Ganjar menjadi Ginajar. Awalnya, seorang ibu izin bernyanyi yang berisi ajakan kepada masyarakat datang ke TPS dan mencoblos Ginanjar nomor urut tiga di pilpres 2024.

"Suatu saat, kita memilih untuk menuju ke TPS. Janganlah Anda salah memilih, pilihlah Pak Ginanjar yang nomor tiga. Yo, ayo ayo ayo ayo kita dukung bersama. Yo ayo ayo ayo, kita colok bersama. Yo ayo ayo ayo kita dukung bersama. Yo ayo, ayo ayo colok nomor tiga," nyanyi ibu tersebut.

Mendengar nyanyian tersebut, Ganjar tertawa. 

Ganjar mengaku tak masalah namanya diganti menjadi Ginanjar.

"Enggak apa-apa. Jadi kalau di Jawa (Tengah) Ganjar, kalau di sini (Jawa Barat) jadi Ginanjar," tuturnya.

Ganjar pun bercanda bahwa namanya telah diganti dan memuji suara ibu tersebut.

"Ini kenapa nama saya ganti ya. Enggak apa-apa. Bapak ibu, terima kasih lagunya merdu ya, pitch control-nya waduh, ini kayaknya juara KDI ini ya," pungkas Ganjar Pranowo.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.