Sukses

Survei Ipsos: Duet Prabowo-Erick Thohir Lebih Unggul Dibanding Prabowo-Gibran

Lembaga survei internasional Ipsos Public Affair mengungkap hasil survei capres-cawapres menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei internasional Ipsos Public Affair mengungkap hasil survei capres-cawapres menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Pada simulasi tiga pasangan calon Presiden/Wakil Presiden, belum ada satu pasangan yang mencapai 50%+1 atau suara mayoritas. Baik itu ketika Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo–Mahfud MD berhadapan dengan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ataupun dengan Prabowo Subianto–Erick Thohir.

Hasil simulasi survei pertama, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) meraih elektabilitas 28,91%, Ganjar Pranowo–Mahfud MD 31,98%, sedangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 31,32%.

Sedangkan ketika Prabowo Subianto dipasangkan dengan Erick Thohir, raihan suara Prabowo Subianto – Erick Thohir adalah 37,53% lebih unggul dibandingkan dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 31,73% dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 28,91%.

Pada putaran kedua, Ipsos Public Affairs hanya mensimulasikan dua pasangan dengan suara terbanyak. Yaitu pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD dengan Prabowo Subianto–Erick Thohir atau pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD berhadapan dengan Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka.

Hasilnya, duet Prabowo Subianto–Erick Thohir memiliki daya dongkrak elektabilitas lebih tinggi dibandingkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

“Wacana duet Prabowo-Erick Thohir, dalam simulasi survei kami Ipsos Public Affairs, sejatinya memiliki daya ungkit elektabilitas yang lebih baik,” ujar pengamat politik dan peneliti senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam.

Hal ini mengkonfirmasi temuan survei 1 – 10 Oktober yang menempatkan Menteri BUMN tersebut pada posisi calon wakil presiden paling potensial diatas Gibran Rakabuming Raka yang hanya berada di posisi kelima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Cawapres Prabowo

Selain itu, Ipsos juga merilis hasil survei terbaru seputar elektabilitas bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Hasilnya, Nama Menteri BUMN Erick Thohir jadi yang tertas.

Erick Thohir mengungguli nama lain seperti Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di posisi cawapres Prabowo.

Erick diketahui mendapat presentase angka elektabilitas sebesar 24,86 persen. Sedangkan Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua meraih angka 12,74 persen. Adapun Gibran justru bertengger di posisi lima dengan presentase 5,88 persen.

Berikut hasil temuan Ipsos Public Affairs dalam survei untuk cawapres Prabowo

1. Erick Thohir: 24,86 Persen

2. Ridwan Kamil: 12,74 Persen

3. Mahfud Md: 12,43 Persen

4. Sandiaga Uno: 12,33 Persen

5. Ganjar Rabuming Raka: 5,88 Persen

6. Ganjar Prabowo: 5,32 Persen

7. Anies Baswedan: 4,76 Persen

8. Khofifah Indar Parawansa: 4,19 Persen

9. Muhaimin Iskandar: 3,63 Persen

10. Puan Maharani: 3,12 Persen

11. Agus Harimurti Yudhoyono: 1,59 Persen

11. Tidak Tahu: 6,96 Persen

12. Tidak Ada: 0,87 Persen

13. Lainnya: 0,04 Persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.