Sukses

Gabung Koalisi Indonesia Maju, Elektabilitas Demokrat dan Prabowo Sama-sama Meningkat  

Elektabilitas calon Presiden Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan elektabilitas Partai Demokrat sama-sama meningkat usai deklarasi dukungan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas calon Presiden Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan elektabilitas Partai Demokrat sama-sama meningkat usai deklarasi dukungan.

Basis pemilih Demokrat bergeser mendukung Prabowo, dan Demokrat memperoleh tambahan suara dari basis pemilih yang semula tidak memilih Demokrat

“Keputusan Partai Demokrat bergabung ke Koalisi Indonesia Maju berdampak positif, baik bagi Prabowo maupun bagi Demokrat sendiri. Kedua belah pihak sama-sama mendapat kenaikan elektabilitas. Ini bukti bahwa keputusan elit Demokrat sejalan dengan aspirasi publik,” kata Sufyanto, peneliti utama dari lembaga survei The Republic Institute (TRI), di Jakarta (10/10/2023).

TRI melakukan survei ini pada 13 September - 23 September 2023 dengan jumlah 2.010 sampel awal dengan oversampling pada enam provinsi di pulau Jawa sebesar 640 sampel dan oversampling tambahan di Jawa Timur sejumlah 710 sampel, sehingga totalnya 3.360 responden.

Sampel dipilih secara stratified random sampling, dengan Margin of Error (MoE) sebesar 2,19 dengan analisa pembobotan (weighted analysis) untuk memperoleh hasil yang setara.

Elektabilitas Prabowo naik dari 35,3 persen pada survei Juni menjadi 39,3 persen pada survei September. Elektabilitas capres Ganjar Pranowo juga naik dari 31,4 persen menjadi 34,9 persen. Sedangkan elektabilitas Anies Baswedan justru anjlok dari 30 persen pada bulan Juni, menjadi 22,8 persen. Responden yang belum bersikap juga turun dari 3,3 persen menjadi 3 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sama-sama Berlatar Belakang Militer

Dengan kata lain, ada migrasi sebesar 7,2 persen dari responden yang semula memilih Anies, empat persen diantaranya pindah ke Prabowo, 3,5 persen sisanya ke Ganjar, sisa 0,3 persen berasal dari responden yang semula belum menentukan pilihan (undecided voters).

Pasca Demokrat mencabut dukungan Capres bagi Anies, 53,7 persen responden memang menyarankan Demokrat untuk berlabuh di koalisi yang dipimpin Prabowo Subianto. Sisanya (36,2 persen) menyatakan sebaiknya Demokrat berlabuh di koalisi PDIP yang mendukung Ganjar Pranowo, dan tidak menjawab.

Alasan utamanya, karena tokoh dari Partai Demokrat maupun Partai Gerindra sama-sama berlatar belakang militer (21 persen), Prabowo lebih mungkin menang (13,3 persen) dan kedua partai pernah sama-sama berpengalaman dalam satu koalisi (11,4 persen).

 

 

3 dari 3 halaman

Demokrat Dulang Suara Baru

Keputusan untuk bergabung dengan koalisi Gerindra, ternyata membuat Partai Demokrat mendulang suara baru.

Ketika ditanya bagaimana sikap politiknya pasca Partai Demokrat mencabut dukungan terhadap Anies Baswedan, 9,6 persen responden yang sebelumnya tidak memilih Partai Demokrat, ternyata menyatakan akan memilih Partai Demokrat. Meski ada 5,4 persen pemilih Demokrat yang tidak akan memilih Demokrat akibat keputusan ini, Demokrat masih memperoleh 4,2 persen suara baru.

Dampak elektoral ini langsung terasa pada peningkatan elektabilitas Partai Demokrat, dari 10,2 persen pada survei bulan Juni 2023, menjadi 11,8 persen pada survei bulan September 2023.

Selain Demokrat, survei nasional ini mencatat parpol lainnya yang elektabilitas naik cukup signifikan adalah PDIP (dari 21,7 persen menjadi 23,4 persen), sedangkan kenaikan elektabilitas Gerindra, PKB, dan PAN dibawah satu persen.

“Temuan di lapangan menunjukkan caleg-caleg dan juga kepala-kepala daerah dari PDIP memang rajin turun menyapa dan membantu masyarakat,” kata Sufy menjelaskan.

Diluar lima parpol tersebut, empat parpol lain yang ada di Senayan, mengalami penurunan elektabilitas yang cukup signifikan. Elektabilitas Golkar turun dari bulan Juni sebesar 10,8 persen menjadi 8,7 persen pada bulan September, Nasdem, dari 8,4 persen menjadi 7,2 persen dan PKS dari 7,2 persen menjadi 6,0 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.