Sukses

Gerindra Sebut Prabowo Dapat Masukan Kiai untuk Cari Cawapres, Keluar Nama Khofifah?

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disarankan oleh para kiai untuk mengambil calon wakil presiden dari kalangan santri. Hal itu merupakan saran para kiai dan ulama yang ditemui Prabowo di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disarankan oleh para kiai untuk mengambil calon wakil presiden dari kalangan santri. Hal itu merupakan saran para kiai dan ulama yang ditemui Prabowo di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Para kiai, ulama, massayikh, di Jawa Timur, di Jawa Tengah, menitipkan harapan kalau bisa calonnya Pak Prabowo tidak jauh-jauh dari kaum santri," ungkap Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

"Pak Prabowo mendengar, menyimak, dan memperhatikan atas harapan para ulama para kiai tersebut," sambungnya.

Muzani mengakui masukan kiai itu mengarah pada nama bakal calon wakil presiden. Ketika ditanya apakah nama tersebut adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Muzani tidak menjawab dengan tegas.

"Semua kriteria yang mengarah pada nama, akan Pak Prabowo sampaikan kepada partai koalisi supaya menjadi keputusan bersama," ujarnya.

Prabowo tentunya akan mempertimbangkan masukan para kiai itu. Kata Muzani bakal menjadi salah satu pertimbangan utama memilih bakal calon wakil presiden.

"Tentu saja ini menjadi pemikiran yang dalam dari beliau. Ya jadi pertimbangan," kata wakil ketua MPR RI ini.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden pada pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto menempati posisi teratas mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Pertanyaan yang diajukan dalam survei ini ialah 'bila pemilihan presiden diadakan sekarang, siapakah yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara tiga nama-nama berikut, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto?'.

Sebanyak 39,8 persen menyatakan memilih Prabowo Subianto. Sedangkan 37,9 persen menyatakan memilih Ganjar Pranowo, dan 14,5 persen memilih Anies Baswedan.

"Adapun yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 7,8 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, dalam rilis surveinya, Senin (2/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Terbaru LSI Denny JA: Prabowo 39,8%, Ganjar 37,9%, dan Anies 14,5%

 

Menurut Adjie, per bulan September 2023, Prabowo Subianto masih kokoh di urutan teratas dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Selisih elektabilitas Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo sebesar 1,9 persen.

Sedangkan selisih elektabilitas Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan sebesar 25,3 persen. Sementara, selisih Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebesar 23,4 persen.

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen. Survei ini dilakukan pada tanggal 4 - 12 September 2023.

LSI Denny JA juga merilis survei secara head to head antara antara Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto. Hasilnya, Menteri Pertahanan mengungguli mantan Gubernur Jawa Tengah.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini