Sukses

Sudirman Said: Anies Baswedan dan Cak Imin Sudah Siap Didaftarkan ke KPU

Juru bicara bakal calon presiden Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan calonnya yang berpasangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pemilu 2024 sudah siap didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara bakal calon presiden Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan calonnya yang berpasangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pemilu 2024 sudah siap didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini disampaikannya merespon putusan Musyawarah Majelis Syuro IX Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Diketahui, partai tersebut merestui Cak Imin mendampingi Anies Baswedan.

"Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) adalah pasangan yang sudah siap mendaftar ke KPU kami di koalisi sedang menyiapkan administrasi," kata Sudirman di Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

Ia mengatakan ketika KPU membuka pendaftaran, pasangan Anies-Cak Imin siap menjadi calon pertama yang mendaftarkan diri ke KPU.

"Begitu KPU membuka loket pendaftaran seperti dikatakan Pak surya paloh kita akan menjadi pasangan yang pertama kali mendaftar, Insyaallah mudah-mudahan sampai pada titik yang kita tunggu," ungkap Sudirman.

Dia menjelaskan, secara persyaratan jika dihitung dari kursi sudah melampaui batas presidential threshold. Total dari kursi parlemen koalisi perubahan mencapai 167, di mana ambang batas hanya 115 kursi.

"Terakhir kalau dihitung persyaratan maka seperti kita katakan pada Pileg 2019 masih memperoleh 12,6 juta suara atau 9,05% dengan kursi 59 kemudian PKB mendapatkan 13,57 juta suara atau 9,65% dengan kursi 58 sementara PKS mendapatkan 11,49 juta suara dengan presentasi 8,21 dan 50 kursi," jelas Sudirman.

Dia pun bersyukur atas putusan Majelis Syuro PKS. Menurut Sudirman, melalui putusan tersebut keraguan di masyarakat akan terhapus seolah-seolah Anies Baswedan dihalangi.

Dia juga menyinggung keduanya dapat menjadi simbol momentum kembalinya watak sosial dan pergerakan dalam pengelolaan negara.

"Saya garis bahwa keduanya menjadi simbol atau menjadi momentum bagi kembalinya untuk watak sosial dan pergerakan dalam pengelolaan negara itu kita syukuri sebagai satu nuansa baru insyaAllah," jelas Sudirman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Relawan Diminta Bergerak

Sudirman menyerukan untuk relawan terus bergerak, melakukan konsolidasi, merapatkan barisan hingga organisasi apapun yang sejalan dengan visi perubahan menuju titik terdepan untuk saling menguatkan.

"Kami mengundang partisipasi untuk memperkuat, saling memperkuat dan dengan ini semua, mudah-mudahan kedua tokoh muda ini, tokoh nasional ini benar-benar bisa dibimbing, ditopang, didukung oleh sebanyak mungkin masyarakat untuk memudahkan misi perubahan itu untuk Indonesia yang lebih baik Indonesia yang lebih makmur, lebih adil, dan lebih sejahtera," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini