Sukses

PKB Dikabarkan Akan Deklarasi Koalisi dengan NasDem di Surabaya Besok, Jumat 1 September 2023

PKB akan menggelar rapat Pleno DPP di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (1/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar rapat Pleno DPP di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (1/9/2023). Selain itu, PKB juga dikabarkan akan memutuskan sikap resmi terkait koalisi dengan NasDem untuk mengusung Anies Baswedan bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"PKB katanya akan melakukan rapat pleno DPP di Hotel Majapahit (Surabaya)," ujar sumber politikus partai di parlemen.

Menurut sumber ini, PKB akan sekaligus melakukan deklarasi koalisi bersama NasDem.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo juga telah mendapat kabar dari Ketua Komisi X DPR Fraksi PKB Syaiful Huda ihwal PKB bergabung dengan NasDem mengusung Anies dan Muhaimin Iskandar. Dito yang juga politikus Golkar ini menyebut mendapat kabar bahwa PKB akan menyatakan sikap besok.

"Masih simpang siur ya tadi baru saya kontakan dengan Pak Syaiful Huda katanya lihat besok," ujar Dito ditemui di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Sampai saat ini PKB belum menyatakan keluar dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Golkar menunggu kabar resmi dari PKB.

"Kita masih belum tahu, kita tunggu resminya saja, kan kita di koalisi ada forum komunikasi jadi kita tunggu bagaimana sikap PKB dengan isu yang beredar," ujar Dito.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyatakan mendapat informasi bahwa bakal capres Anies Baswedan akan menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2024.

Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, menyebut kebenaran informasi itu didapatkan langsung dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said.

Bahkan, mereka telah menyetujui kerja sama politik Nasdem dan PKB. Menurut Harsya, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mengambil keputusan sepihak.

"Kemarin, 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili Capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Persetujuan in dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh," kata Riefky dalam keterangannya, Kamis (31/8/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat Sebut Kabar Duet Anies - Cak Imin Benar

Riefky menyebut Demokrat juga telah mengkonfirmasi kabar tersebut kepada Anies.

"Hari ini, kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan. la mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar. Demokrat "dipaksa" menerima keputusan itu (fait accompli)," ujar Riefky.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini