Sukses

Tawarkan Erick Thohir Cawapres ke Ganjar dan Prabowo, PAN: Hatinya Sudah Biru

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menawarkan sosok Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang diusung PDIP dan Prabowo Subianto yang diusung Gerindra. Meski bukan kader PAN, ada sejumlah alasan yang membuat Menteri BUMN itu didorong maju Pilpres 2024.

"Alhamdulillah memang Pak Erick Thohir di dalam beberapa kesempatan terutama survei akhir-akhir ini menunjukkan momentum yang baik, survei, jadi ada kenaikan, bahkan Indikator Politik kemarin itu memberitakan, melaporkan bahwa beliau sudah unggul di dalam survei cawapres," tutur Sekjen PAN Eddy Soeparno di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Namun lebih dari itu, kata Eddy, sosok Erick Thohir memiliki hubungan persaudaraan, baik dengan PAN maupun Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas.

"Karena memang beliau-beliau ini putra daerah, putra asli Lampung, ya satu kampung beliau ini. Jadi bicaranya antara Pak Erick Thohir dengan Pak Zul itu sudah bicaranya dalam bahasa batin di antara mereka. Nah, karena beliau paling sering berkegiatan dengan kita, paling sering menghadiri acara-acara besar PAN, ikut dalam berbagai kesempatan beragenda dengan Pak Zul, dan tadi saya sampaikan kok akhir-akhir ini Pak Erick Thohir itu sering menggunakan nuansa pakaian warna biru (warna bendera PAN)," jelas dia.

"Saya yakin hatinya juga sudah biru, jadi oleh karena itulah kedekatan yang sudah kita miliki dengan beliau, tentu sudah merupakan hal yang natural kita kemudian mendorong Pak Erick Thohir untuk bisa kita perjuangkan sebagai salah seorang cawapres di antara bakal capres yang ada," sambung Eddy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

PAN Sodorkan Nama Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Sebelumnya, petinggi Partai Gerindra menyambangi Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu, elite PAN menyodorkan sosok Erick Thohir untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

"Rasanya urusan Pak Erick Tohir itu menu wajib pertemuan," tutur Sekjen PAN Eddy Soeparno di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Menurut Eddy, saat ini pihaknya membuka silaturahmi ke partai manapun dalam rangka mencari kecocokan kerja sama satu dengan lainnya. Terlebih saat ini waktu semakin mendekati Pemilu 2024, termasuk urusan Pilpres dan Pileg.

"Kerja sama kita (PAN-Gerindra) sudah cukup baik, kerja sama dengan partai lain juga baik. Kita karena sudah baik pada pemilu kemarin kalau mau kerja sama ke depan tinggal klik," jelas dia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan bahwa dalam pertemuan kali ini nama Erick Thohir diangkat dalam bursa cawapres 2024.

"Nama Erick Thohir bukan hanya diangkat, disebut. Oleh karena itu kami merasa terhormat siapapun nama yang diusulkan itu terbaik untuk bangsa, kami menyimak dan akan menyampaikan hasil pertrmuan ke Pak Prabowo," kata Muzani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.