Sukses

Kaesang Pakai Kaus Bergambar Prabowo, PDIP: Hak Setiap Orang Berekspresi

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menanggapi gestur putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep yang tampak kerap mengenakan kaus berwajah tokoh partai politik, salah satunya Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menanggapi gestur putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep yang tampak kerap mengenakan kaus berwajah tokoh partai politik, salah satunya Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Menurutnya, hal tersebut merupakan hak berekspresi setiap warga negara.

“Saya kira itu hak setiap orang untuk berekspresi, siapapun. Saya kira itu kan, hak setiap orang ya untuk berekspresi, mengenai apakah itu berkonotasi politik. Itu kan soal persepsi ya,” tutur Basarah di Kantor Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP, Jalan Diponegoro No.72, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Meski Prabowo Subianto merupakan capres dari koalisi lain, lanjut Basarah, tidak ada kaitannya antara hak berekspresi seseorang dengan pilihan capres yang berseberangan.

“Jadi kalau dari kami, prinsipnya menghormati, menghargai, ekspresi setiap warga negara termasuk ekspresi dari Mas Kaesang untuk menggunakan baju bergambar siapapun. Saya kira itu,” kata basarah.

Kaesang Pangarep secara mengejutkan muncul ke hadapan publik dengan memakai kaus unik. Kaus itu bergambarkan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang sedang memperlihatkan sikap hormat. Saat ditanyakan terkait ulah adik bungsunya itu, Gibran Rakabuming Raka enggan menanggapi.

"Yo takono (tanya) Kaesang," jawabnya, melansir merdeka.com, Rabu, 10 Mei 2023.

Saat kembali didesak apakah Kaesang Pangarep punya pilihan politik berbeda dengan dirinya dan ayahnya, Gibran Rakabuming Raka berkilah. "Ya nggak tahu. Ya mungkin gitu," tukas Wali Kota Solo ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PDIP Tetapkan Ganjar Capres

Seperti diketahui, Gibran yang tergabung dalam PDIP sudah menetapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden atau capres di Pilpres 2024 mendatang. Gibran Rakabuming juga membantah jika Kaesang berbeda partai dengan dirinya dan Jokowi. Dimana saat ini keduanya merupakan kader PDIP, pimpinan Megawati Soekarnoputri.

"Enggak, nggak ada yang seperti itu. Memange beda partai?" tanya Gibran. Suami dari Selvi Ananda itu mengaku tidak tahu apakah saat ini Kaesang sudah menjadi kader partai lain atau menjadi pengikut Partai Gerindra pimpinan Prabowo Subianto.

"Saya enggak tahu, takono (tanya) Kaesang ya, aku enggak ngerti soal itu. Ini aku baru dengar," ucapnya lagi.

Gibran tak memungkiri jika dalam keluarganya ada perbedaan terkait tokoh yang diidolakan. Kaesang, menurutnya, mungkin saja mengidolakan Prabowo. Namun dirinya memastikan punya idola berbeda.

"Ya mungkin (Kaesang mengidolakan Prabowo). Kalau saya mengidolakannya mas Ibas (Edhie Baskoro Yudhoyono). Mungkin memang beda-beda idola," katanya.

Saat ditanyakan nama Puan Maharani, apakah juga menjadi idola, Gibran tidak menampiknya. "Mungkin idola juga. Tapi kalau saya tetap satu idola saya," lanjutnya.

"Beliau saya kira salah satu tokoh yang baik. Orangnya sangat mandiri dan sudah lepas dari bayang-bayang itu (anak Presiden). Beliau sangat, sangat saya kagumi," tambah Gibran.

3 dari 3 halaman

Alasan Idolakan Ibas

Selain lebih senior, Gibran menilai Ibas lebih tenang, matang dan berpengalaman. Lebih lanjut Gibran menyampaikan jika dirinya membebaskan adiknya tersebut untuk berkarir di dunia politik. Begitu pula dengan pilihan partai, ia menyerahkannya ke Kaesang.

"Terserah Kaesang," tukasnya.

Gibran kembali menyatakan tidak tahu menahu dengan kaus bergambar Prabowo yang dikenakan Kaesang. Ia juga tidak tahu apakah sikap tersebut menjadi sinyal dukungan Ksesang untuk Menteri Pertahanan atau hanya sekedar candaan.

"Saya nggak tahu, tanya Kaesang. Tapi sudah saya tegaskan, sekali lagi, idola saya hanya satu (Ibas), dan satu-satunya," tutupnya.

Menariknya, Gibran baru saja mengadakan kuis yang cukup unik di akun media sosialnya. Kuis tersebut memiliki pertanyaan siapa satu-satunya orang yang ia follow dan apa alasannya.

Kuis itu lantas ia bagikan melalui akun Instagram miliknya, @gibran_rakabuming. Hadiah kuis ini pun cukup unik karena berupa kaus dengan meme berwajah diri putra sulung Presiden Jokowi ini.

"Coba tebak siapakah satu-satunya orang yang saya follow? Dan kenapa alasannya? Jawaban yang betul saya beri kaus," tulisnya dalam keterangan unggahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.