Sukses

Babe Cabita Meninggal Dunia, Ini Cerita Perjuangannya Cari Kantong Darah Karena Penyakit Langka Anemia Aplastik

Babe Cabita Meninggal Dunia, Sempat Berjuang Melawan Anemia Aplastik

Liputan6.com, Jakarta - Stand Up Comedian, Babe Cabita meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit Anemia Aplastik, sebuah kondisi langka yang memaksa dia untuk rutin mengonsumsi obat dan melakukan transfusi darah sebagai salah satu cara untuk mengatasi penyakitnya.

Anemia Aplastik terjadi ketika sumsum tulang belakang berhenti memproduksi sel darah merah. "Penyakit ini memang langka. Obatnya sulit didapat dan satu-satunya alternatif adalah transfusi darah seumur hidup," kata Babe Cabita di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada September 2023.

Akibat penyakit itu, Babe Cabita harus melakukan transfusi darah setiap bulan karena tubuhnya tidak mampu menghasilkan darah.

"Kalau di daerah-daerah juga karena kurang dokter hematologi. Jadi, daerah yang nggak ada dokter hematologi atau obat, jadinya transfusi gitu," ujar Babe Cabiita seperti dikutip dari Kanal Showbiz Liputan6.com pada Selasa, 9 April 2024.

Namun, mencari kantong darah tidaklah mudah bagi Babe Cabiita. Dalam kesempatan itu Babe bercerita sulitnya mencari kantong darah yang diperlukan, sampai-sampai dia harus minta tolong ke putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjuangan Babe Cabita Cari Kantong Darah

Bantuan untuk Babe Cabita datang dari Ari, yang disebutnya sebagai kaki kanan Kaesang Pangarep. "Nggak langsung ke dia (Kaesang) dibantu, Alhamdulillah dapat," katanya.

Kala itu, kantong darah untuknya sulit didapat, terlebih stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan lagi habis.

"Karena yang aku cari bukan hanya darah, tapi yang ada trombositnya," ujarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Kata Babe Cabita Soal Penyakitnya

Meskipun telah mencari informasi, Babe tidak mengetahui penyebab pasti dari penyakit Anemia Aplastik yang dideritanya. Dia juga mengungkapkan bahwa tidak ada riwayat penyakit tersebut dalam keluarganya.

"Saya tidak tahu pasti penyebabnya. Tidak ada faktor genetik, dan penyakit ini juga tidak menular kepada anak saya," katanya.

Saat itu, Babe bersyukur kondisinya mengalami banyak perubahan berkat bantuan obat. Saat wawancara ini dilakukan, Babe Cabita masih menjalani terapi dengan obat yang diminumnya 3 kali sehari.

 

4 dari 4 halaman

Babe Cabita Meninggal Dunia di Rumah Sakit

Kabar meninggalnya Babe Cabita disampikan bintang film 'Agak Laen', Oki Rengga Winata. Melalui akun Instagram pribadinya, @okirengga33, disebut bahwa Babe Cabita menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji'un. Telah meninggal Anak, Adik, Suami, Ayah Kami, Priya Prayogha Pratama Bin Irsyad Tanjung (Babe Cabita) Hari ini, 9 April 2024 pukul 06.38 WIB di RS Mayapada Lebak Bulus Jakarta Selatan. Mohon dimaafkan segala khilaf dan salah. Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa'afihi Wa'fu'anhu," begitu bunyi kalimat yang diunggah Oki Rengga.

Kabar duka ini membuat siapapun yang mengenalnya terkejut dan tak percaya. Sejumlah nama terkenal meninggalkan komentar di unggahan terakhir Babe Cabiita di akun Instagram pribadinya, @babecabiita. Akun Nex Carlos, misalnya, hanya menyematkan emoticon menangis, sementara Yono Bakrie berkomentar "Bang" diikuti dengan emoticon sedih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.