Sukses

Empat Kader PDIP Tak Nyaleg Lagi di DPRD DKI Jakarta, Salah Satunya Bidik Kursi DPR RI

Salah satu petahana atau incumbent yang tidak mencalonkan diri lagi adalah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. Ia dikabarkan mengincar kursi DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta - Empat anggota Fraksi PDIP DKI Jakarta periode 2019-2024 tidak mencalonkan diri lagi sebagai anggota DPRD mendatang pada Pemilu 2024.

Hal ini diungkapkan Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta, Gembong Warsono saat ditemui di Gedung KPU DKI Jakarta. Menurutnya, ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi empat kader PDIP enggan maju lagi sebagai anggota DPRD DKI Jakarta.

"Ada empat incumbent yang tidak mencalonkan kembali dengan berbagai alasan," ungkap Gembong dilansir dari Antara, Kamis (11/5/2023).

Salah satu petahana atau incumbent yang tidak mencalonkan diri lagi adalah Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi.

Gembong mengatakan, Prasetio tidak mencalonkan lagi lantaran sudah dua periode. Bahkan Pras menjabat sebagai ketua DPRD DKI Jakarta.

Menurut Gembong, Prasetio juga dikabarkan akan kembali bertarung dalam Pemilu 2024 untuk memperebutkan kursi DPR RI.

"Tiga di antaranya dengan alasan kesehatan dan lain sebagainya. Jadi empat anggota yang duduk di DPRD tidak mencalonkan kembali," ucap dia.

Saat ini, Gembong memastikan 106 berkas bakal calon legislatif (bacaleg) sudah diterima KPU DKI Jakarta. Berkas tersebut akan diverifikasi oleh KPU DKI dari 16 sampai 23 Mei mendatang guna memastikan kesesuaian data.

Dengan diterimanya berkas ke-106 bacaleg, dia berharap seluruh kadernya bisa bersaing secara sehat dalam proses kampanye nanti. Di saat yang sama, KPU DKI Jakarta memastikan seluruh berkas bacaleg dari PDIP sudah lengkap.

"Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan kami dalam hal penerimaan ini semua data-data lengkap dan sudah kami berikan tanda terima," kata Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Nurdin di Kantor KPU DKI Jakarta.

Namun Nurdin tidak menjelaskan secara detail jumlah berkas yang telah diajukan PDIP. Berkas tersebut akan melewati proses verifikasi untuk memastikan kelengkapan persyaratan masing-masing bacaleg.

"Dalam proses verifikasi tanggal 15 sampai tanggal 23 Juni kami verifikasi kesesuaian datanya," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

580 Caleg DPR dari PDIP, Ada Once Hingga Denny Cagur

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, sebanyak 580 caleg DPR telah mendaftar ke KPU. Dari angka tersebut sebanyak 33 persen caleg perempuan.

“Caleg perempuan atau 33 persen PDI perjuangan di dalam meningkatkan kualitas anggota dewan, juga merekrut kalangan akademisi ada sekitar 73 orang, dari TNI Polri purnawirawan ada 17 orang," kata dia di Gedung KPU RI, Kamis (11/5/2023).

Sementara dari kalangan budayawan, seniman, dan artis 14 orang. "Dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun ada sekitar 48 persen. Jadi, di bawah usia 45 tahun ada 48 persen sebagai komitmen PDIP," jelas Hasto.

Dalam konteks memperkuat pertahanan, kata Hasto, pihaknya merekrut Purnawirawan TNI polri, Semenatara kalangan artis diantaranya Once Mekel Mantan vokalis Dewa hingga pelawak Denny Cagur.

"Once mekel, Marcel siahaan, Taufik hidayat, Denny cagur, Tamara geraldine," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini