Sukses

JK Minta Jokowi Tak Terlalu Terlibat di Pilpres 2024, PKS: Fokus Saja Urus Negara

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengamini pernyataan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla yang mengingatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk tidak perlu terlibat jauh dengan urusan Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengamini pernyataan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla yang mengingatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk tidak perlu terlibat jauh dengan urusan Pemilu 2024.

“Ini nasehat negarawan. Bu Mega dan Pak SBY sudah memberi contoh. Jangan cawe-cawe urusan Pilpres,” kata Mardani saat dikonfirmasi, Minggu (7/5/2023).

Mardani mengaku kasihan apabila capres yang diendorse Jokowi kalah, maka Jokowi juga akan ikut kalah dan malu.

“Kasihan beliau. Jika calon ya kalah seolah beliau yang kalah,” kata Mardani.

Menurut Mardani, Jokowi seharusnya menyerahkan pada rakyat siapa yang harus dipilih tanpa perlu ada endorse.

“Beliau sudah dua Kali menang. Biarkan publik memutuskan siapa yg terbaik untuk 2024. Fokus saja melakukan tugas negara,” pungksnya.

Adapun, JK mencontohkan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di akhir masa pemerintahannya.

"Menurut saya, Presiden seharusnya seperti Ibu Mega, SBY, itu akan berakhir, maka tidak terlalu jauh melibatkan diri," ujarnya usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di kediaman Jusuf Kalla di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu 6 Mei 2023.

"Maka tidak terlalu jauh melibatkan diri, dalam suka atau tidak suka, dalam perpolitikan. Supaya lebih demokratis lah," tegas JK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegelisahan Surya Paloh

Sebelumnya, Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyampaikan kegelisahannya terkait sikap Presiden Joko Widodo kepada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat pertemuan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat 5 Mei 2023. Kegelisahan Surya Paloh itu terkait langkah Jokowi yang ikut cawe-cawe dalam urusan Pilpres 2024.

Surya Paloh meminta Presiden Jokowi memposisikan dirinya sebagai seorang negarawan. Meski hak politik Jokowi untuk terlibat dalam Pemilu, tetapi sebagai pejabat publik harus bisa membatasi diri sebagai pemilik privilese sebagai presiden.

"Pak Surya melihat bahwa hal-hal yang selama ini berlangsung kalau diamati Pak Surya itu kurang sehat. Bahwa, bahkan disebut tidak sehat kalau caranya begini," ujar Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto kepada wartawan, dikutip Sabtu 6 Mei 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pilpres

  • PKS